Jumat 18 Nov 2016 15:00 WIB
Milad Muhammadiyah

Gedung Tua Persatukan NU-Muhammadiyah

Gedung Kantor Madjlis Islam Alaa Indonesia (MIAI)
Foto: IST
Gedung Kantor Madjlis Islam Alaa Indonesia (MIAI)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Inilah bangunan Bataviaasche Kunstkring yang telah berusia lebih dari satu abad (dibangun pada 1913). Terletak di Jl Teuku Umar No 1, Jakarta Pusat, gedung Perkumpulan Kesenian Batavia ketika diresmikan dan dimeriahkan oleh pergelaran opera dari Eropa.

Bekas gedung kesenian yang hingga kini masih berdiri dengan tegak ini memiliki ciri khas seperti terlihat di foto selama pendudukan Jepang (1942-1945) adalah lengkungan pintu, jendela, balkon, arkadia, dan menara. Gedung ini berdiri di atas tanah seluas 0,3 hektare dengan bangunan 731 meter persegi. Merupakan bangunan pertama yang menerapkan teknologi beton bertulang.

Gedung bersejarah ini pernah telantar kemudian diselamatkan ketika diambil alih Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI. Ia juga merupakan awal pembangunan kawasan Menteng.

Gedung ini pada masa Bung Karno pernah digunakan untuk kantor Ditjen Imigrasi. Sebelumnya, beberapa saat setelah kemerdekaan, gedung ini menjadi kantor Madjlis Islam Alaa Indonesia (MIAI). MIAI adalah badan federasi perhimpunan Islam yang didirikan pada 21 September 1937 di Surabaya. Federasi ini didirikan atas prakarsa tokoh-tokoh Islam yang bersifat tradisional, yakni KH Wahab Chasbullah (NU), KH Mas Mansyur dan KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement