Selasa 26 Jul 2016 07:00 WIB

Karomah Masjid Luar Batang Sampai ke Singapura dan Malaysia

Masjid Luar Batang, Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Masjid Luar Batang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Terletak di belakang Gedung Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, sebuah kawasan kota tua di Jakarta Utara, terletak Kampung Luar Batang. Kampung yang persisnya terletak di Kelurahan Penjaringan ini merupakan pemukiman tertua di Jakarta mengingat perkiraan terbentuknya keberadaan pemukiman ini sejak 1630-an. Sayangnya, di kampung yang boleh dikata sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu itu sudah luluh lantak digusur Pemprov DKI.

Pasalnya, di kampung ini terdapat sebuah masjid tua yang banyak didatangi pengunjung bukan hanya dari Ibu Kota, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Peyebabnya, di Masjid Luar Batang ini terdapat makam Habib Husein bin Abubakar Alaydrus. Ia dimakamkam di masjid ini pada hari Kamis 27 Ramadhan 1169 Hijriah atau

24 Juni 1756.

Alaydrus dikabarkan meninggal dunia saat masih bujangan. Alaydrus yang menjadi guru agama di masjid yang kala itu letaknya berdekatan dengan benteng (kastil) VOC merupakan imigran dari Hadramaut.

Ia adalah pendatang terawal sebelum para pendatang keturunan Arab lainnya kemudian ditempatkan di Kampung Pekojan, Jakarta Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement