Ahad 29 May 2016 07:00 WIB

Milan Punya San Siro, Jakarta Punya Lapangan Ikada

Lapangan IKADA diabadikan dari udara.
Foto: IST
Lapangan IKADA diabadikan dari udara.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Real Madrid baru saja mengangkat trofi Liga Champions kesebelasnya sepanjang sejarah klub, setelah menjinakkan Atletico Madrid di partai final, Ahad (29/5) dini hari WIB. Laga krusial itu digelar di Stadion San Siro, markas dua klub raksasa Italia, AC Milan dan Inter Milan.

Jika Milan punya San Siro sebagai stadion kebanggaan, Jakarta memiliki Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tetapi, jauh sebelum ada GBK, Jakarta memiliki Lapangan Ikatan Atletik Djakarta (Ikada) atau Lapangam Gambir yang menjadi pusat kegiatan olahraga warga Ibu Kota.

Nama lapangan Ikada sendiri baru dikenal pada masa pendudukan Jepang, ketika negara itu menduduki Jakarta pada 1942, dan kemudian mengganti sejumlah nama tempat, lapangan dan jalan-jalan. Dinamai Ikada, karena di lapangan ini para atlet Ibu Kota setiap hari mengadakan latihan-latihan.

Tapi yang memanfaatkan lapangan itu sebenarnya bukan hanya para atlet saja. Karena di sekitar lapangan yang luas itu terdapat pula belasan lapangan sepakbola, termasuk lapangan hockey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement