Selasa , 18 May 2010, 20:01 WIB

Alqaidah Berencana Lancarkan Serangan pada Piala Dunia

Rep: Soraya Bunga Larasati / Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD--Seorang gerilyawan senior Alqaidah merencanakan serangan di Piala Dunia yang akan dimulai di Afrika Selatan (Afsel), bulan depan. Warga Arab Saudi berusia 30 tahun ini ditangkap dua pekan lalu, dilansir berhubungan dengan orang nomor dua Alqaidah, Aiman al Zawahiri.

Dia diduga turut menjadi bagian dari rencananya untuk melakukan serangann tersebut. Tidak ada perincian lagi yang bisa didapat.

''Abdullah Azzam Saleh Misfar al Qahtani ikut serta dalam rencana aksi teroris di Afrika Selatan pada saat Piala Dunia,'' ujar juru bicara keamanan Baghdad, Senin waktu setempat (17/5).

Juru bicara itu menambahkan bahwa Qahtani, yang memimpin keamanan jaringan itu di Baghdad bersama teroris Aiman al Zawahiri akan mengatur rencana yang dibuat oleh Alqaidah tersebut.

Di Johannesburg, polisi Afrika Selatan menyatakan mereka sedang melakukan penyelidikan terhadap ancaman yang dilaporkan dari Irak itu.

"Polisi Afsel masih bekerja untuk memperoleh konfirmasi," jelas Nonkululeko Mbatha, juru bicara kepala polisi nasional. "Saya tidak tahu apapun mengenai itu. Kami telah diberi nasihat dan informasi."

Kepala polisi nasional Afsel, Bheki Cele, menyatakan bahwa yang ia tahu tidak ada ancaman keamanan pada Piala Dunia. Pada Januari di Davos, Presiden Afsel, Jaob Zuma, mengatakan, negaranya siap untuk memberikan keamanan pada turnamen sebulan lamanya yang akan menarik kedatangan lebih dari 370 ribu penggemar asing.

Sumber : ap

Berita Terkait