Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Polemik Hari Kelahiran Jakarta

Rabu 22 Juni 2016 18:05 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penetapan hari jadi DKI Jakarta masih simpang siur. Banyak pertanyaan, kapan sebenarnya Jakarta berulang tahun? Wartawan senior Republika, Alwi Shahab memiliki ulasan menarik kapan sebenarnya Jakarta berulang tahun.

Di Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah hampir tidak didapati bahan-bahan awal berdirinya Jayakarta pada 1482. Hampir seluruhnya didominasi sejarah peninggalan VOC. Karena itu, museum yang pada masa VOC berfungsi sebagai Balai Kota (Stadhuis) Batavia itu lebih pantas disebut Museum VOC.

Tidak heran jika kita hanya menduga-duga dimana tepatnya dulu Keraton Jayakarta dan tempat Fatahillah mengusir Portugis di Teluk Jakarta. H Misbach Yusa Biran ketika menggarap film Fatahilah mengalami kesulitan mencari sosok pemain yang wajahnya mirip pendiri kota Jayakarta itu. Dia memutuskan mencari orang berwajah ke Arab-araban, karena menurut catatan Fatahillah berasal dari Persia.

Bukan hanya itu, hari kelahiran kota Jakarta, 22 Juni 1527, juga diperdebatkan. Dua orang profesor pernah bertarung mengenai penetapan tanggal tersebut.

(Baca Juga: Semakin Tua Jakarta Makin tak Ramah untuk Warganya)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA