Sabtu 04 Jun 2016 17:54 WIB
Mengenang Muhammad Ali

Muhammad Ali: Indonesia Negara Unik, Penduduknya Selalu Tersenyum

Legenda tinju kelas berat Muhammad Ali bersalaman dengan Harmoko di Jakarta.
Foto: Ist
Legenda tinju kelas berat Muhammad Ali bersalaman dengan Harmoko di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda tinju kelas berat Muhammad Ali dua kali berkunjung ke Indonesia. Ali pertama kali menginjakkan kaki di bumi Indonesia pada 1973. Dalam kunjungan ke Indonesia, Ali juga menyempatkan diri untuk bertanding tinju secara resmi yang dipromotori Raden Sumantri.

Pada 20 Oktober 1973, Ali "menyiksa" lawannya, Rudi Lubbers, selama 12 ronde dalam pertandingan kelas berat tanpa gelar di Istora Senayan, Jakarta. Oleh publik dan pers Indonesia, pertandingan Ali versus Lubbers disebutkan sebagai pertandingan ekshibisi. Namun, nyatanya ini adalah pertandingan resmi walau tidak memperebutkan gelar.

Kesan pertama berkunjung ke Indonesia pada 1973, Ali menyatakan, "Sebuah negara yang unik, di mana penduduknya sangat bersahabat dan selalu tersenyum kepada siapa pun."

Setelah pensiun dari dunia tinju pada 1981, Ali untuk kedua kalinya menginjakkan kaki di bumi Indonesia pada 23 Oktober 1996 dan sempat bertemu pejabat tinggi negeri ini. Di antaranya adalah menteri penerangan saat itu, Harmoko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement