Ahad , 05 June 2016, 12:55 WIB
Mengenang Muhammad Ali

Saat Muhammad Ali Menggagalkan Pria yang Mau Bunuh Diri

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Citra Listya Rini
EPA/WILLI GUTBERLET
Muhammad Ali
Muhammad Ali

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Legenda tinju dunia Muhammad Ali pernah membuat seseorang tak jadi bunuh diri di masa lampau. Dikutip Daily Mail, Ahad (5/6), momen itu terjadi pada 1981 di Los Angeles.

Saat itu, Ali mendengar informasi yang mengatakan seorang pria mengancam akan bunuh diri dengan melompat dari lantai sembilan gedung. Ali langsung memacu kendaraannya menuju tempat tersebut meski harus salah arah.

Penduduk kaget pemenang tinju dunia itu muncul di lokasi. Mereka menyorakkan namanya tetapi tidak dihiraukan Ali. Ia langsung masuk gedung dan muncul di jendela dekat orang yang akan bunuh diri.

"Kau adalah saudaraku, saya menyayangimu dan tidak akan bohong padamu. Kau harus dengarkan, aku ingin kau ikut pulang denganku dan bertemu dengan teman-temanku," kata Ali, saat itu pada sang pria. 

Selama 20 menit, pria itu bicara dengan Ali masih di luar jendela seperti akan melompat. "Mengapa kau peduli padaku, aku bukan siapa-siapa," kata pria yang diketahui berusia 21 tahun itu. Ia berasal dari Michigan.

Ali mengatakan, pria itu tak percaya padanya, bahwa Ali peduli padanya. Ali juga mengatakan pria itu akan masuk neraka jika melompat bunuh diri. Ketegangan tak bisa dielakkan saat itu. Namun, akhirnya Ali berhasil membujuk dan membawanya turun.

Ia diajak ke stasiun polisi kemudian rumah sakit untuk bertemu dengan psikiater. Masih menggunakan jas dan dasi, Ali membawa pulang pria itu dalam Rolls-Roycenya.

"Saya akan membawanya ke sekolah, mencarikannya pekerjaan, membelikannya beberapa pakaian," kata Ali. Ia juga mengenalkan pria itu kepada orang tua dan teman-temannya. Ali ingin membuatnya merasa berharga.

"Ia mengatakan ia bukan siapa-siapa, jadi aku akan pulang dengannya, berjalan dengannya, saya akan mengunjunginya setiap hari dan dekat dengannya," kata Ali. Daily Mail masih mencari tahu siapa pria yang diselamatkan oleh Ali ini. Jika ia masih hidup, usianya mungkin sekitar 56 tahun.