Sabtu 04 Jun 2016 21:01 WIB
Mengenang Muhammad Ali

Ini Alasan Nama Muhammad Ali Dipasang di Dinding Walk of Fame

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Seorang fan berfoto di dinding Walk of Fame dimana nama Muhammad Ali terpasang. .
Foto: reuters
Seorang fan berfoto di dinding Walk of Fame dimana nama Muhammad Ali terpasang. .

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Nama petinju legendaris Muhammad Ali tercetak di Walk of Fame Hollywood pada 2002. Namun, cetakan nama Muhammad Ali berada di dinding, tidak seperti nama selebritas Hollywood lain yang berada di sepanjang trotoar.

Tidak seperti tradisi umumnya, ada alasan mengapa nama peraih juara dunia tiga kali ini tidak ditempatkan di sepanjang trotoar. Almarhum Muhammad Ali tidak ingin namanya diinjak oleh orang-orang yang tidak menghargai dirinya.

“Saya memilih nama Nabi Muhammad SAW dan tidak mungkin orang lain menginjak-injak namanya,” katanya, dikutip dari The Independent, Sabtu (4/6). Permintaan bintang tinju itu dikabulkan setelah panitia memutuskan tinju dapat dianggap sebagai bentuk pertunjukan dan kontribusi untuk industri hiburan. 

“Muhammad Ali, satu-satunya bintang dengan Walk of Fame Hollywood tergantung di dinding, tidak seorang pun boleh menginjaknya,” ujar seorang pengguna Twitter, @Crystal1Johnson.

Walk of Fame Hollywood memiliki lebih dari 2.500 nama bintang tertulis di sepanjang trotoar, yakni di 15 blok Hollywood Boulevard dan tiga blok Vine Street di Hollywood, Kalifornia.

Muhammad Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun setelah dirawat di rumah sakit karena masalah pernapasan. Ia juga telah berjuang melawan penyakit parkinson selama lebih dari 30 tahun.

Baca: Kenangan Republika Mewawancarai Muhammad Ali Saat di Jakarta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement