Selasa 22 Aug 2017 21:18 WIB

Ihsan Berharap Bisa Mengulang Juara di SEA Games

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
 Ihsan Maulana Mustofa
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Ihsan Maulana Mustofa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cabang olahraga bulutangkis Indonesia akan mulai bertanding sore ini, Selasa (22/8) di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim beregu putra Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja di babak delapan besar.

Di sektor tunggal diperkuat oleh Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik. Sementara, di sektor ganda diperkuat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Berry Angriawan/Hardianto.

Serangkaian persiapan untuk menjajal pertandingan di ajang kompetisi Asia Tenggara ini telah dipersiapkan para atlet dengan baik. Salah satunya, Ihsan, yang mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan selama sekitar satu bulan untuk persiapan menuju SEA Games.

Apalagi, karena sebelumnya pebulutangkis asal Tasikmalaya ini sempat didera cedera. Namun, ia telah mematangkan persiapan dan berupaya menjaga konsentrasi. Atlet yang telah dikenalkan bulutangkis sejak kelas 2 SD oleh ayahnya ini mengatakan ia siap untuk menguji kemampuan di ajang SEA Games kali ini. Atlet asal PB Djarum ini lantas mengungkapkan targetnya di SEA Games.

"Untuk target dan harapan di beregu bisa mengulang juara lagi. Untuk perorangan, target buat diri sendiri dulu, yang penting semangat dulu aja, memacu semangat dulu," kata Ihsan kepada Republika beberapa waktu lalu.

Soal peluang, atlet berusia 21 tahun ini mengatakan semua lawan pada dasarnya bagus. Namun, hal yang pertama yang akan dilakukan adalah mengantipiasi lawan dari Kamboja dahulu. Sebelumnya pada SEA Games 2015 lalu di Singapura, Ihsan meraih medali emas saat diturunkan di nomor beregu putra.

Diperkenalkan dan dilatih bulutangkis oleh sang ayah, Ihsan kecil kemudian bergabung dengan klub lokal Tasikmalaya, Garuda Emas. Saat itu, ia berada satu klub dengan pebulutangkis pelatnas putri, Hanna Ramadini. Ihsan kemudian bergabung dengan klub PB Djarum pada 2009 dan bergabung ke pelatnas PBSI pada 2012.

Ihsan telah menorehkan sejumlah prestasi lainnya, di antaranya meraih medali emas di nomor beregu putra pada ajang Asia Team Championship 2016 di Hyderabad, medali perunggu di nomor beregu campuran Sudirman Cup 2015, medali perak di nomor beregu putra Thomas Cup 2016 dan meraih perunggu di nomor beregu putra Thomas Cup 2014. Ihsan juga tercatat memiliki prestasi di beberapa kejuaraan tingkat junior dan turnamen di level series premier dan grand prix gold. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement