Sabtu , 12 August 2017, 00:48 WIB

Siman Pembawa Bendera Indonesia di Sea Games 2017

Red: Andi Nur Aminah
Humas PRSI
I Gede Siman Sudartawa
I Gede Siman Sudartawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet renang I Gede Siman Sudartawa mendapatkan kepercayaan untuk membawa bendara Indonesia pada defile pembukaan kejuaraan multievent dua tahunan, SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, 19 Agustus. Komandan Kontingen (CdM) Indonesia, Aziz Syamsuddin, di Jakarta, Jumat (11/8) mengatakan penunjukan atlet renang asal Bali itu didasarkan pada prestasi yang selama ini diraih.

Apalagi, Siman juga sudah pernah tampil di Asian Games maupun Olimpiade. "Untuk keputusannya tidak saya lakukan sendiri. Tapi saya juga konsultasi dengan KOI (Komite Olimpiade Indonesia) hingga Satlak Prima," katanya di sela pelepasan tim aquatik Indonesia di Kuningan, Jakarta.

Pria yang juga Ketua Banggar DPR RI itu menegaskan tidak hanya Siman yang bakal mendapatkan tugas khusus saat pembukaan kejuaraan dua tahunan itu. Dda dua atlet lainnya yang akan mendampingi Siman, yaitu Christopher Rungkat (tenis) dan Elga Kharisma Novanda (BMX).

Pemilihan dua atlet yang menjadi ikon budaya Indonesia itu, kata dia, juga melalui banyak pertimbangan yang keputusannya juga melibatkan banyak pihak. Mereka, saat defile akan menggunakan pakaian adat Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. "Pakaian adat ini akan menandakan ciri khas Indonesia di SEA Games 2017 nanti," kata Aziz Syamsuddin.

Bagi Siman, membawa bendera Merah Putih saat kejuaraan multievent bukan yang pertama. Atlet renang yang diharapkan menjadi pendulang emas bagi kontingen Indonesia itu, sebelumnya mendapatkan tugas yang sama saat pembukaan Olimpiade 2012 dan Asian Games 2014.

Sesuai dengan rencana, kontingen Indonesia akan berangkat bertahap ke Malaysia. Cabang olahraga yang sudah memberangkatkan atletnya lebih awal, di antaranya balap sepeda. Untuk sepak bola, dijadwalkan berangkat pada Sabtu (12/8).

Sumber : Antara

Berita Terkait