Kamis 26 Jul 2018 13:25 WIB

100 Bus Wonderful Asian Games Diluncurkan

Bus-bus tersebut akan memberi pengalaman lebih para atlet dan ofisial

Bus Wonderful Asian Games
Foto: ist
Bus Wonderful Asian Games

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan 100 armada bus Wonderful Asian Games (WAG) yang akan menjadi sarana transportasi atlet dan ofisial 45 negara peserta Asian Games 2018. Tidak hanya sekadar alat transportasi, deretan bus yang di-wrapping sejumlah destinasi terbaik tanah air ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman lebih para atlet dan offisial.

"Saat ini sudah ada 25 bus, kita proyeksikan mencapai 100 unit yang terbagi dari bus Transjakarta, Damri Airport Bus dan Blue Bird Shuttle," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat peluncuran bus Wonderful Asian Games bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kamis (26/7) pagi.

Menpar mengatakan, sejak menginjakkan kakinya di Indonesia, para atlet dan offisial akan langsung disambut dengan keindahan destinasi pariwisata Indonesia yang terpasang di badan bus. Mereka juga akan langsung merasakan keramahan masyarakat Indonesia dari pengemudi dan awak bus yang sebelumnya diberi pelatihan tentang service dan hospitality khas Indonesia.

Menpar menjelaskan, ada tujuh wilayah destinasi prioritas yang dipasang di badan bus Wonderful Asian Games. Yakni destinasi-destinasi yang ada di Palembang, Jakarta dan sekitarnya termasuk Bandung, Bali, Banyuwangi dan Pulau Komodo.

Destinasinya seperti Nusa Penida di Bali, Bunderan HI Jakarta, tari gandrung Banyuwangi, lansekap Borobudur, tari kecak Bali, dan Pulau Padar di Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur.

Menpar menargetkan lima persen wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia selama pergelaran Asian Games akan berkunjung ke tujuh destinasi prioritas pemasaran tersebut.

"Jumlah total perkiraan wisman datang adalah 170 ribu. Kalau lima persennya berarti ada 8.500 orang yang akan datang ke tujuh destinasi itu," tutur Menpar.

Lebih lanjut Menpar mengatakan, bus-bus tersebut juga sebagai upaya mempromosikan Wonderful Indonesia ke seluruh dunia melalui event Asian Games 2018.

"Branding Wonderful (WI) Indonesia semakin mendunia. Menguatnya brand WI ini akan memudahkan dalam upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada tahun depan," kata Menpar Arief.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut baik dan mendukung sepenuhnya hadirnya bus Wonderful Asian Games. Terlebih bus yang akan beroperasi mulai 26 Juli hingga Desember 2018 ini juga akan melayani masyarakat Jakarta. Sehingga antusiasme masyarakat juga akan semakin tinggi.

"Nantinya juga mendorong destinasi lain di Jakarta untuk di-branding," kata Sandiaga Uno. 

Sandiaga menyampaikan bahwa branding Wonderful Indonesia pada bus bukan hanya sekadar logo tapi juga komitmen untuk menyukseskan Asian Games 2018.

“Branding bukan cuma logo, juga bukan hanya design grafis yang melambangkan Indonesia. Tapi ini juga sebagai komitmen kita sebagai tuan rumah untuk menyukseskan Asian Games 2018. Saya menawarkan pada menteri pariwisata melakukan branding Wonderful Indonesia juga di MRT yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan,” kata Sandiaga Uno.

Asian Games 2018 merupakan ajang olahraga terbesar di dunia setelah Olimpiade. Event ini menjadi momentum yang spektakuler untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia, khususnya di Jakarta dan Palembang sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games 2018.

Menurut perhitungan Bappenas, event olahraga ini akan diikuti 45 negara dengan perkiraan menghadirkan 170.000 wisatawan mancanegara (wisman) yang terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 awak media internasional dan 150.000 penonton, sedangkan penerimaaan devisa diperkirakan mencapai Rp 3 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement