Senin 14 Aug 2017 19:10 WIB

Menpora: Target SEA Games 2017 Harus Realistis

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Menpora Imam Nahrawi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menpora Imam Nahrawi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Target Indonesia bisa menjadi juara umum SEA Games 2017 memang tak realistis. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan, pada SEA Games Malaysia tahun ini, Kontingen Indonesia cukup bisa membawa pulang medali emas yang lebih banyak dari pesta ragam olahraga terbesar di Asia Tenggara sebelumnya.

Imam mengatakan dengan perolehan medali emas yang lebih banyak dari SEA Games 2015, peringkat Indonesia otomatis juga bakal meningkat. "Untuk SEA Games 2017 ini, saya kira memang harus realistis. Kita hanya ingin memastikan Indonesia naik peringkat dari SEA Games Singapura (2015)," kata Imam saat ditemui di Kemenpora, Jakarta, pada Senin (15/8).

Namun, Imam tak membantah ungkapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang mimpi agar Kontingen Indonesia, merajai gelaran SEA Games ke-29 tahun ini. "Saya kira (keinginan bisa) juara umum itu motivasi besar dari presiden," ujar Imam. Tetapi, dia mengatakan, keinginan tersebut semestinya bertahap dan terencana.

Menurut Imam, Indonesia bukan tak bisa menjadi menjadi juara umum. Tetapi, dia menuturkan, tak mungkin keinginan itu diraih tanpa rencana. 

Imam menyampaikan, rencana meraih gelar juara umum tersebut, harus tersusun dari saat ini. Harapannya, agar bisa digapai pada SEA Games 2019 mendatang. “Kami tahu, SEA Games ini diselenggarakan dua tahun sekali. Jadi bagaimana target juara umum itu, harus direncanakan untuk kedepan," ujar Imam.

Gelar juara umum memang pernah diraih Indonesia. Sejarah SEA Games sejak 1977 silam, Indonesia tercatat 10 kali berada di podium tertinggi pesta olahraga terakbar di Asia Tenggara itu. Gelar terbanyak dari negara-negara peserta lainnya.

Indonesia, pada SEA Games I di Malaysia 1997 silam, pertama kali meraih gelar juara umum dengan perolehan sebanyak 62 medali emas. Kontingen Indonesia terakhir kali menjadi juara umum pada SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang. Ketika itu, Indonesia berjaya dengan 182 medali emas.

Pada SEA Games tahun ini, Imam melanjutkan, Indonesia cukup menjadikan SEA Games 2015 sebagai patokan agar lebih baik. Jika pada SEA Games 2015 Indonesia mengisi peringkat kelima dengan perolehan sebanyak 47 medali emas maka posisi dan perolehan medali pada SEA Games 2017 harus lebih baik.

SEA Games 2017 akan resmi dimulai pada 19 Agustus nanti. Indonesia mengirimkan 553 atlet. Indonesia akan mengikuti 37 dari 38 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan dalam gelaran tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement