Senin 14 Aug 2017 11:56 WIB

Lucunya 'Rimau', Sang Maskot SEA Games 2017

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Didi Purwadi
Rimau (tengah)
Foto: EPA/Ahmad Yusni
Rimau (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara atau yang akrab disebut SEA Games 2017 akan segera digelar. Malaysia selaku tuan rumah telah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menggelar hajatan dua tahunan ini, termasuk dalam menampilkan maskot anyar mereka

Negeri jiran yang ditunjuk sebagai negara penyelenggara, sudah mempersiapkan maskot terbaik mereka yakni Rimau (Si Harimau Malaya). Dilansir dari laman resmi SEA Games pada Ahad (13/8), maskot Rimau tersebut terinspirasi oleh keanggunan dan kekuatan Harimau Malaya. Hewan yang menjadi kebanggaan publik Malaysia itu digambarkan dalam sosok Rimau sebagai seorang atlet yang kompetitif, ramah dan juga atletis.

Walau demikian jangan berpikir bahwa Rimau adalah hewan yang buas. Gambaran mata, hidung, dan kumisnya justru membuat hewan ini terlihat lucu seperti hewan peliharaan lainnya.

Pengambilan makna Rimau juga bermaksud untuk mejaga kelestarian hewan ini yang dimana populasi mereka di alam liar tak lebih dari 250 ekor. International Union for Conservation Nature (IUCN) menggolongkan hewan ini ke dalam kategori terancam punah.

Malaysia sendiri sudah lima kali menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut yakni pada 1965, 1971, 1977, 1989, dan 2001. Ini untuk keenam kalinya mereka didaulat menjadi tuan rumah. Meski SEA Games telah dibuka sejak 1959, namun penggunaan maskot dalam acara tersebut baru dimulai pada 1989 ketika Malaysia menjadi tuan rumah untuk kali keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement