Senin , 14 August 2017, 01:11 WIB

Tim Negara Mana yang Tiba Pertama di Malaysia? Ini Dia...

Red: Didi Purwadi
Wikipedia
SEA Games 2017
SEA Games 2017

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pembukaan perhelatan SEA Games 2017 baru akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 19 Agustus mendatang. Tapi, ada tim yang sudah tiba di Malaysia sekitar sepuluh hari jelang acara pembukaan.

Mereka adalah tim sepak bola putra Vietnam yang tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, pada 10 Agustus lalu. Seperti dikutip dari situs resmi SEA Games 2017, mereka merupakan tim pertama yang tiba di Malaysia dalam perhelatan SEA Games 2017.

Tim sepak bola putra Vietnam langsung terbang dari Seoul usai menjalani dua laga persahabatan sebagai persiapan SEA Games 2017. Mereka berhasil mengalahkan Mokpo City FC 4-1 dan Busan FC 6-1.

Cabang olahraga sepak bola memang akan mengawali persaingannya pada Senin (14/8). Laga Grup A antara Myanmar lawan Singapura akan menjadi laga pembuka di Stadion Selayang Municipal Council, Selayang, pada Senin (14/8) pukul 16.00 waktu setempat. Selang empat jam kemudian, tuan rumah Malaysia menjamu Brunei Darussalam di Shah Alam Stadium.

Vietnam sejauh ini sukses meraih lima kali medali perak, tapi belum sekalipun berhasil meraih medali emas. Bahkan, mereka hanya meraih medali perunggu di SEA Games terakhir di Singapura. Vietnam saat itu meraih medali perunggu dengan menaklukkan Indonesia 5-0.

Pelatih Timnas Vietnam, Nguyen Huu Thang, mengakui skuatnya berada di grup maut bersama Thailand, Indonesia, Kamboja, Timor Leste dan Filipina. ''Ya, kami berada di grup yang kuat. Ini bakal tidak akan mudah menghadapi lawan-lawan yang berada di grup tersebut,'' katanya.

Huu Thang tidak ingin berandai-andai terkait peluang timnya meraih medali emas. Setiap tim sama-sama memiliki peluang dan keinginan kuat untuk meraih medali emas.

''Kami datang ke sini dengan harapan bisa melakukan yang terbaik,'' katanya. ''Tapi, ini terlalu dini untuk membicarakan hasil.''