Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Banyak yang Hilang...Sepeda Gratis Kini Hanya untuk Atlet SEAG

Monday, 14 November 2011, 15:30 WIB
Komentar : 0
Antara/Puspa Perwitasari
Seorang ofisial menggunakan sepeda fixie sebagai sarana transportasi alternatif SEA Games XXVI di kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.
Seorang ofisial menggunakan sepeda fixie sebagai sarana transportasi alternatif SEA Games XXVI di kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Ratusan unit sepeda yang disediakan panitia penyelenggara untuk digunakan sebagai sarana transportasi kegiatan SEA Games XXVI Indonesia di kawasan Jakabaring, Palembang, hanya boleh digunakan para atlet saja. Pembatasan penggunaan sarana transportasi sepeda ramah lingkungan di kawasan Jakabaring itu, menyikapi kejadian sejak upacara pembukaan SEA Games XXVI, Jumat (11/11), ketika ternyata sore hari banyak sepeda hilang, kata salah seorang petugas di kawasan tersebut, Senin.

Menurut dia, semula sarana transportasi ramah lingkungan itu berdasar kebijakan pihak panitia. Para atlet, panitia, dan masyarakat umum yang akan masuk ke kawasan olahraga SEA Games XXVI Jakabaring, boleh menggunakannya,  karena tidak diperkenankan menggunakan angkutan berbahan bakar minyak.

"Namun, kenyataannya kami lengah, karena hanya di pintu depan stadion Jakabaring saja dijaga ketat, sementara pintu lainnya di bagian belakang longgar, sehingga ada sejumlah oknum warga memanfaatkan kesempatan melarikan sejumlah sepeda gratis disediakan tersebut," kata petugas itu.

Ia menambahkan, mulai Minggu (13/11) penggunaan sepeda gratis itu dibatasi, hanya boleh dipakai untuk keperluan para atlet dari pintu gerbang menuju tempat pertandingan.

Sementara, masyarakat umum termasuk pihak panitia yang memegang tanda pengenal resmi dari Inasoc tidak diperbolehkan lagi.

Sebelumnya, pihak panitia penyelenggara SEA Games XXVI Indonesia yang pelaksanaannya di Kota Palembang dan DKI Jakarta itu, telah menyediakan ratusan sepeda untuk dimanfaatkan pihak atlet, panitia termasuk masyarakat umum dari pintu gergang menuju kawasan pusat olahraga stadion Jakabaring secara gratis.

Bahkan Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra sebelumnya menyatakan siap menambah sepeda untuk mendukung sarana transportasi selama pelaksanaan SEA XXVI di Jakabaring Sport City (JSC).

"Pemkot Palembang telah menyiapkan 350 sepeda untuk mendukung transportasi SEA Games di JSC, serta mewujudkan program menjadikan Jakabaring sebagai kawasan ramah lingkungan tanpa menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak," katanya lagi.

Pantauan di lokasi pusat kegiatan olahraga SEA Games XXVI Indonesia di Jakabaring Palembang, sejak dua hari terkahir, memang penjagaan tidak seketat ketika upacara pembukaan pada Jumat (11/11), bahkan di sepanjang pinggian jalan utama kawasan itu banyak bermunculan lokasi parkir kendaraan yang diduga tidak resmi.

Padahal, pada hari pembukaan SEA Games XXVI, di kawasan itu tidak diperbolehkan kendaraan parkir, apalagi digunakan untuk mencari keuntungan dari jasa parkir dengan memungut di luar dari ketentuan.

Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : Antara
Barang siapa yang memerhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat. ((HR Bukhari-Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Soal DPR Tandingan, Ketua DPD:Tunjukkan Semangat Merah Putih untuk Indonesia Hebat
JAKARTA -- Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk DPR tandingan. Kepada wartawan, Jumat (31/10) ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman turut prihatin. Ia...