Sabtu , 19 November 2011, 03:30 WIB

Duo Vietnam di Kancah SEA Games

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
Antara/Dhoni Setiawan
Suporter Vietnam di SEA Games 2011.
Suporter Vietnam di SEA Games 2011.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Pemberian nama SEAP Games terkait dengan lima negara pendirinya yakni Thailand, Kamboja, Malaysia, Vietnam dan Singapura. Namun, ada fakta unik dari keikutsertaan Vietnam kala itu.

Pada tujuh kali penyelenggaraan SEAP Games, Vietnam diwakili oleh Vietnam Selatan. Nama Resmi Republik Vietnam yang berideologi liberal.

Kala itu, Vietnam terpecah menjadi dua yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Negara ini lahir dari Perjanjian Jenewa selepas perang Indochina pertama tahun 1945.

Republik Vietnam diproklamasikan pada 22 Oktober 1955 di Saigon oleh Ngo Dinh Diem. Ini selepas kelompok nasionalis Vietnam menggulingkan monarki. Lahirnya Vietnam Selatan didukung oleh Amerika Serikat. Sementara, Vietnam Utara didukung China dan Uni Soviet.

Tak lama berselang, perang Indochina Kedua ( 1957-1975). Perang ini merupakan efek perang dingin antara Uni Soviet-China (komunis) dan AS (liberal). Kedua kubu beradu pengaruh di Vietnam. Peperangan lalu dimenangkan oleh  Vietnam Utara. Tepat 1976, Republik Sosialis Vietnam berdiri.

Semenjak itu, keikutsertaan Vietnam pada ajang SEA Games diwakili Vietnam Utara atau republik Sosialis Vietnam.