Rabu , 16 November 2011, 17:26 WIB

Medali Indonesia Terbanyak Sepanjang Sejarah SEA Games

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Didi Purwadi
www.seruu.com
Medali (ilustrasi)
Medali (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Sejarah panjang penyelenggaraan SEA Games yang telah berlangsung 26 kali ini dikenal ada tiga angkatan masuknya negara peserta.

Angkatan pertama adalah negara awal peserta SEA Games dengan jumlahnya sebanyak lima negara. Mereka adalah Thailand, Singapura, Burma (sekarang Myanmar), Laos dan Kamboja. Dulu, nama yang dipakai SEAP Games (1959-1975). Selama 16 tahun, Thailand mengumpulkan emas terbanyak yaitu 374 medali dengan disusul Singapura dan Myanmar.

Angkatan kedua adalah tahun 1977 dimana turut bergabung Indonesia, Brunei dan Filipina. Nama SEAP Games diganti menjadi GEA Games. Angkatan ketiga adalah Timor Leste yang gabung SEA Games sebagai negara bungsu. Negara bekas wilayah Indonesia ini bergabung pada 2003.

Sejak nama ajang olahraga ini berubah menjadi SEA Games, keberuntungan menjadi milik Indonesia. Penyelenggaraan tahun 1977 sampai 2009, Indonesia mengumpulkan 1420 medali emas. Jumlah ini merupakan yang terbanyak.

Indonesia memiliki 16 emas lebih banyak dibandingkan Thailand (dengan mengabaikan perolehan saat SEAP Games). Filipina menjadi negara ketiga yang mengumpulkan emas terbanyak selama 20 tahun terakhir yaitu sejumlah 800 medali.

Namun, karena Thailand mengikuti ajang  ini lebih awal, negara Gajah Putih masih mencatat perolehan emas  terbanyak sampai sekarang. Di akhir penyelenggaraan SEA Games tahun 2009, Thailand memiliki 1778 emas.

Sumber : berbagai sumber