Rabu , 16 November 2011, 10:59 WIB

Dua Kali Indonesia Terlempar dari Tiga Besar

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Didi Purwadi
www.pinas.dlsu.edu.ph
SEA Games 2005 Filipina
SEA Games 2005 Filipina

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Keikutsertaan Indonesia di ajang SEA Games sejak tahun 1977 memberikan warna tersendiri bagi pesta olahraga itu. Kehadiran 'Kontingen Garuda' berhasil menggeser dominasi Thailand yang hampir selalu menjadi juara umum.

Setelah Indonesia ikut, Thailand hanya dua kali menjadi juara umum di tahun 1985 dan 1995. Sampai tahun 1997, Indonesia yang selalu memegang peringkat perolehan medali emas terbanyak.

Sejak tahun 1999, Indonesia kehilangan taringnya sebagai 'macan' Asia Tenggara.Namun, prestasi Indonesia masih cukup untuk dibanggakan. Setidaknya walau tidak meraih juara, Indonesia masih menduduki peringkat tiga besar selama tiga periode SEA Games sampai 2003.

Pada SEA Games 2005, prestasi Indonesia menurun drastis. Indonesia hanya menduduki peringkat kelima dengan perolehan 50 medali emas saja. Sangat jauh tertinggal dari tuan rumah Filipina yang pertama kalinya menjadi juara umum dengan merebut 113 medali emas.

Peringkat Indonesia naik satu tingkat pada SEA Games 2007. Indonesia hanya memperoleh sepertiga dari jumlah medali yang diperoleh Thailand yang menjadi jura umum. Negeri Gajah Putih berhasil mendapatkan 183 emas, sementara Indonesia hanya mendapat 56 medali.

Di tahun 2009 Indonesia, Indonesia memperbaiki peringkat dengan kembali masuk tiga besar lewat perolehan medali emas sebanyak 43. Posisi puncak masih ada di tangan Thailand. Kini, saat penyelenggaraan SEA Games berlangsung di Jakarta dan Palembang, posisi Indonesia sementara ini berada di puncak perolehan medali dengan disusul Thailand dan Vietnam.