Selasa , 15 November 2011, 21:05 WIB

Ini Dia Dua Negara Yang Dahulu Satu Kini Menjadi Lawan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad
Antara/Ismar Patrizki
Kontingen Malaysia mengikuti parade atlet saat pembukaan Sea Games XXVI di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/11).
Kontingen Malaysia mengikuti parade atlet saat pembukaan Sea Games XXVI di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/11).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Perhelatan Sea Games diselenggarakan guna mempererat persaudaraan antar negara-negara di kawasan itu. Yang menarik, diawal terbentuknya -- dahulu South East Asian Peninsular Games (SEAP), ada dua negara yang sebelumnya merupakan satu kesatuan.

Namun kini, mereka menjadi lawan guna menjadi yang terbaik dalam satu kawasan. Pertama, adalah Singapura dan Malaysia. Dahulu, kedua negara ini merupakan satu kesatuan.

Mereka tergabung dalam Federasi Melayu selepas menyatakan kemerdekaannya dari Inggris. Federasi itu selanjutnya bubar lantaran konflik ideologi.

Malaysia selanjutnya memproklamirkan Federasi Malaysia yang beribu kota di Kuala Lumpur. Lalu Singapura memproklamirkan berdirinya Republik Singapura dengan beribukota di Singapura pada 9 Agustus 1965.
 
Kedua, Indonesia dan Timor Leste. Dahulu, Timor Leste adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan nama Timor Timur. Tapi pada tahun 1999, diadakan referendum dan hasilnya kemerdekaan bagi Timor Timur.

Dan Timor Timur pun merdeka pada 20 Mei 2002 lalu, berganti nama menjadi Timor Leste. Kini, Indonesia dan Timor Leste saling bersaing menjadi yang terbaik dalam ajang Sea Games.

Sumber : berbagai sumber