Selasa , 15 November 2011, 16:00 WIB

Urusan Basket, Filipina Jagoannya

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
www.firequinito.com
Tim nasional basket Filipina. (ilustrasi)
Tim nasional basket Filipina. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Berbicara cabang olahraga bola basket dalam SEA Games, spontan terlintas nama Filipina. Mengapa demikian? Sebab, Filipina memiliki tim basket terkuat di Asia Tenggara bahkan Asia. Semenjak SEA Games pertama kali dipertandingkan, Filipina mendominasi ajang ini.

Kuatnya tim basket Filipina tidak terlepas dari kegemaran masyarakatnya bermain basket. Seperti halnya Indonesia yang memiliki banyak lapangan sepakbola dan bulutangkis, hampir semua wilayah di Filipina memiliki lapangan basket. Tak heran, bibit-bibit pebasket Filipina mudah ditemukan.

Kegemaran masyarakat Filipina terhadap basket merupakan pengaruh dari kedatangan tentara Amerika Serikat saat menghadapi Jepang dalam Perang Dunia kedua. AS berhasil mengalahkan Jepang lalu menduduki Filipina.

Sekian puluh tahun menduduki Filipina, tentara AS memperkenalkan bola basket kepada masyarakat Filipina. Dari situ, masyarakat Filipina menggilai basket.

Tak lama, tepatnya 1913 timnas basket Filipina akhirnya terbentuk. Mereka untuk kali pertama ambil bagian dalam ajang Eastern Champions Games yang berlangsung di Manila. Di laga perdana, tim ini berhasil mengalahkan Cina. Filipina pun berhasil meraih emas perdana.

Untuk ajang SEA Games, Filipina meraih emas lima kali berturut-turut yakni SEA Games 1977 hingga 1985. Dominasi itu terus berlangsung hingga kini.

Meski demikian, dominasi Filipina mulai terusik Malaysia, Indonesia dan Thailand. Ketiga negara ini berulang kali merepotkan langkah Filipina.