Selasa 15 Nov 2011 15:40 WIB

Tren Co-Host pada Ajang Sea Games

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
SEA Games 2003 Vietnam
Foto: www.id.wikipedia.org
SEA Games 2003 Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Sebuah pesta olahraga lumrahnya digelar dalam satu kota saja. Sebagai contoh, SEA Games Jakarta (Indonesia), Asian Games Busan (Korea) atau Olimpiade Munich (Jerman). Namun, tradisi itu mulai berubah saat SEA Games 2003 digelar di Vietnam.

Untuk kali pertama, SEA Games tidak diselenggarakan di satu kota saja. Namun, sejumlah kota.

Sejatinya, Vietnam bakal menggelar perhelatan SEA Games di Hanoi. Akan tetapi, panitia tuan rumah menggelar sejumlah pertandingan SEA Games di kota lain seperti Ho Chi Minh City, Haiphong, Ninh Binh, Phu Th, V'nh Phuc dan Hoa Binh.

Pada SEA Games 2005, Filipina lalu mengikuti jejak Vietnam untuk menyelenggarakan SEA Games tidak hanya di satu kota saja. Tapi, ada kota lain yang menggelar pertandingan Sea Games. Saat itu, Filipina menggelar pertandingan SEA Games di sejumlah kota di luar Manila seperti Los Banos, Calamba City, Laguna, Cebu, Bacolod, Angeles dan Subic, Zambales.

Thailand juga melakukan hal serupa. Secara resmi kota Nakhon Ratchasima menjadi tempat penyelenggaraan SEA Games 2007. Akan tetapi, tidak semua pertandingan digelar di kota itu. Ada beberapa pertandingan yang digelar di Bangkok dan Chon Buri.

Untuk SEA Games tahun ini, Indonesia mengikuti Vietnam, Filipina dan Thailand. Meski demikian, Indonesia tetap menjadikan Palembang sebagai kota utama penyelenggaraan SEA Games. Sementara Jakarta, Karawang, Bogor dan lainnya berposisi sebagai co-host.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement