Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Indonesia Juara Umum ketika SEA Games Belum Saja Selesai

Rabu, 09 November 2011, 11:04 WIB
Komentar : 0
SEA Games 1987
SEA Games 1987

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - SEA Games 1987 menjadi momen persaingan Indonesia dan Thailand dalam menasbihkan sebagai jawara Asia Tenggara. Thailand, yang menjuarai SEA Games 1985, bertekad mempertahankan gelar juaranya. Sementara tuan rumah Indonesia, yang empat kali beruntun menjadi juara umum sebelum dihentikan Thailand pada 1985, berambisi kembali menjadi juara umum.

Motivasi Thailand tidak hanya sebatas mempertahankan gelar juara. Keberhasilan menjadi juara umum di Indonesia akan menjadi kado ulang tahun termanis bagi Raja Bhumibol Adulyadej yang berada di singgasana kerajaan Muangthai selama setengah abad lebih. Raja Bhumibol Adulyadej melanjutkan dinasti Chakri yang telah berusia dua abad.

Namun, catatan perolehan emas dari hari ke hari memperlihatkan Thailand sulit mewujudkan ambisi tersebut. Pada hari pertama, Indonesia langsung unggul dari Thailand dengan perbandingan emas 3:1 (lihat tabel). Namun, hari kedua hingga kelima, Thailand mencoba mengejar Indonesia memperkecil perbandingan emas menjadi 2:1.

Hari keenam menjadi tanda bagi Indonesia secara de facto telah menjadi juara umum ketika SEA Games masih menyisahkan empat hari lagi. Dengan perbandingan perolehan emas 1:3 lebih, Indonesia dipastikan tidak mungkin bisa terkejar lagi.

Ramalan itu pun terbukti. Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan 185 mendali emas. Sementara, Thailand harus puas menempati peringkat kedua. Bahkan, torehan total emasnya sebanya 63 emas itu masih kalah dari torehan emas Indonesia pada hari kelima sebanyak 76 medali emas.

Hari Ke    : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 9 - 10
Indonesia: 15 - 23 - 48 - 59 - 76 - 103 - 127 - 158 - 172 - 185
Thailanda: 5 - 11 - 21 - 26 - 31 - 36 - 45 - 50 - 58 - 63

Redaktur : Didi Purwadi
Sumber : berbagai sumber
Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: Jadilah. Lalu jadilah ia. (QS.Al-Baqarah [2]:117)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jika Diperlukan Dalam Kabinet Jokowi, Ini Sikap Muhammadiyah
JAKARTA --  Ketua Umum Muhammadiyah mengharapkan presiden Joko Widodo dan kabinetnya bisa menjalankan amanah dan tunaikan janji yang disampaikan pada kampanye lalu. Untuk siapa...