Selasa 07 Aug 2018 20:21 WIB

Gubernur Sumsel Antarkan Api Obor Asian Games ke Lampung

Alex Noerdin mengantarkan api Asian Games ke perbatasan Sumsel dengan Lampung

Rep: Maspril Aries/ Red: Hazliansyah
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Selasa (7/8) melepas obor api Asian Games XVIII – 2018 resmi meninggalkan wilayah Provinsi Lampung. Gubernur Alex Noerdin saat melepas api obor di tengah masyarakat di Ogan Komering Ilir (OKI).
Foto: Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Selasa (7/8) melepas obor api Asian Games XVIII – 2018 resmi meninggalkan wilayah Provinsi Lampung. Gubernur Alex Noerdin saat melepas api obor di tengah masyarakat di Ogan Komering Ilir (OKI).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Api Asian Games 2018 resmi meninggalkan provinsi Sumatra Selatan menuju provinsi Lampung. Gubernur Sumatra Selatan, Alex Noerdin mengantarkan langsung api Asian Games ke perbatasan Sumsel dengan provinsi Lampung.

Sejak pagi, Selasa (7/8), obor api Asian Games 2018 dikirab dari Palembang menuju Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Keduanya merupakan kabupaten terakhir yang dilewati kirab api Asian Games.

Di Kabupaten OI, obor api Asian Games diterima Bupati Ilyas Panji Alam dan diarak keliling kota Indralaya. Di Kabupaten OKI api Asian Games disambut Bupati Iskandar dan melakukan kirab mengeliling kota Kayu Agung.

Di Kayu Agung ibu kota Kabupaten OKI, Gubernur Alex Noerdin melepas api yang bersumber dari apa abadi India dan Mrapen, Jawa Tengah tersebut bersama tim torch relay menuju ke perbatasan Sumsel dengan Provinsi Lampung untuk selanjutnya memasuki daerah Sang Bumi Ruwa Jurai sebelum menyebrang Selat Sunda menuju Jakarta.

"Hari ini sebagai bentuk tanggung jawab saya, api obor Asian Games XVIII ini saya antarkan hingga ke Kabupaten Ogan Komering Ilir yang selanjutnya dibawa tim torch relay ke perbatasan Lampung. Selanjutnya akan menjadi  tanggung jawab Gubernur Lampung," kata Alex Noerdin.

Alex Noerdin memyampaikan bahwa pelaksanaan Asian Games di Sumsel yang dipusatkan di komplek Jakabaring Sport City (JSC) sudah dipersiapkan sejak lama. Mulai dari PON XVI - 2004, SEA Games XXVI - 2011, kemudian Islamic Solidarity Games (ISG) III - 2013 dan Asean University Games (AUG) XVII - 2014 dan puncaknya saat ini Asian Games XVIII–2018 yang berlangsung di Jakarta- Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

 

"Sebelas hari lagi kita melaksanakannya dan akan menjadi sejarah baru. Mari kita sama-sama menyukseskan pelaksanaannya di Jakarta dan Palembang," kata Alex Noerdin di depan ribuan warga Kayu Agung.

Selain mengajak warga OKI menonton langsung Asian Games,  Alex Noerdin juga mengajak seluruh masyarakat mencoba kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang dengan difasilitasi Bupati OKI.

"Saya minta Bapak Bupati OKI mengajak masyarakatnya berkunjung ke Palembang dan mencoba naik LRT pertama yang ada di Indonesia dari Bandara SMB hingga ke Jakabaring,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement