Selasa 22 Aug 2017 20:49 WIB

Hendro: Kemenangan Ini untuk Balas Insiden Putih-Merah

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro, bersujud setelah memasuki garis finis pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro, bersujud setelah memasuki garis finis pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Atlet atletik Indonesia, Hendro sukses mempersembahkan medali emas dari nomor jalan cepat 20.000 meter putra di SEA Games 2017. Berlomba di Stadion Bukit Jalil, Selasa (22/8) Hendro berhasil finis pertama mengalahkan dua pesaing terdekatnya dari Malaysia, Lo Choon Shong dan M Khairil Harith.

Hendro mengatakan kemenangan ini berkat doa dari masyarakat Indonesia. "Persiapan baru dua bulan. Ini adalah doa-doa rakyat Indonesia. Insiden kemarin saya membalasnya dengan kemenangan ini. Bahwa Indonesia adalah merah-putih dan bukan putih-merah," kata dia, usai perlombaan. 

Perlombaan berjalan ketat. Hendro langsung memimpin laga sejak start hingga 30 menit awal pertama dan diapit dua atlet Malaysia. Pada lap ke-56, tepatnya pada menit ke-32, Lo Choong Shong berhasil menyalip Hendro dan memimpin laga. Bahkan atlet Malaysia tersebut sempat meninggalkan Hendro jauh di urutan kedua. Namun, Hendro kembali memipin lomba setelah berhasil menyalip Choong pada menit ke-40. 

Dua atlet Malaysia terlihat saling dukung untuk mengadang Hendro. Usai disalip oleh Hendro, Choong terlihat memperlambat tempo dan membiarkan Khairil menyalipnya. Khairil pun menambahkan kecepatanya sehingga dia berhasil menyalip Hendro pada menit ke-51 hingga 10 menit berikutnya. 

Memasuki 10 putaran terakhir, Hendro kembali memimpin lomba dan terus menjaga jarak dengan Khairil dan Choong. Menjelang putaran terakhir Choong mampu menyodok ke posisi kedua dan mendelati Hendro. Hendro mampu menjaga jarak hingga berhasil finis diurutan pertama, disusul Lo Choon Shong dan Khairil Harith.

Medali emas ini menjadi medali emas ketiga secara berturut-turut yang diraih Hendro pada ajang SEA Games. Pada SEA Games 2013 di Myanmar, Hendro juga mampu merebut medali emas. Begitupun SEA Games 2015 di Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement