Selasa 26 Sep 2017 21:56 WIB

Erick: Animo Pendaftar Volunteer AG 2018 Jadi Energi Positif

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Panitia pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir sangat senang dengan animo masyarakat yang ingin menjadi volunteer Asian Games 2018 mendatang. Sejak dibuka pendaftaran calon sukarelawan Asian Games 2018 hingga Senin (25/9) pukul 12.00 WIB, 12.900 orang mendaftar menjadi calon volunteer.

"Tentu saya sangat senang melihat animo masyarakat yang begitu besar untuk mensukseskan Asian Games 2018 dengan menjadi volunteer atau relawan,” kata Erick, Selasa (26/9). 

Dia pun menyebut antusiasme masyarakat ini sebagai energi positif. Dia menerangkan energi positif yang sangat kuat ini semakin meyakinkan Inasgoc dan publik bahwa olahraga dapat mempersatukan bangsa. “Saya bersyukur atas pencapaian ini dan berterima kasih atas kepercayaan dari semua pihak," kata Erick. 

Pada Asian Games 2018, Inasgoc membutuhkan sekitar 13 ribu relawan, termasuk dua ribu relawan untuk menghadapi test event pada Februari 2018. Dengan demikian, kurang dari sebulan, pendaftaran relawan Asian Games 2018 ini hampir memenuhi kuota. 

Data Departemen Human Resource & Volunteer dengan Departemen IT&T Inasgoc menyebutkan para pendaftar ini berusia mulai dari 17 hingga 40 tahun. Sekitar 8.100 pendaftar yang berumur 17-23 tahun, 3.500 pendaftar berumur 23-30th dan sekitar 980 pendaftar berumur 30-40 tahun.

Inasgoc menawarkan relawan untuk posisi work force, liaison officer, NOC assistant, dan protocol assistant. Dari empat jenis posisi untuk relawan, posisi sebagai work force paling banyak diminati oleh pendaftar dengan jumlah 5.300 pendaftar.

Posisi kedua yang paling banyak diminati adalah liaison officer berjumlah sekitar 2.700 pelamar, diikuti oleh NOC asistant dan terakhir protocol assistant. Kemudian dilaporkan juga bahwa pendaftar relawan hingga saat ini, berasal dari berbagai kota di Indonesia. 

Mulai dari kota yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi. Namun, pendaftar terbanyak berasal dari kota di pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

Banyaknya peminat yang ingin berpartisipasi dalam ajang olahraga terbesar se-Asia ini membuat Inasgoc, khususnya Departemen Human Resource & Volunteer, bersama dengan instansi pemerintah harus menyeleksi dengan ketat para calon relawan yang sudah mendaftar di portal resmi. Pendaftaran itu masih terus dibuka hingga 23 Oktober 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement