Sabtu , 26 August 2017, 12:45 WIB

Renang Bertekad Tutup SEA Games dengan Emas

Red: Ratna Puspita
Republika/ Wihdan Hidayat
Perenang Indonesia Gagarin Nathaniel bertanding pada renang nomor 100 meter gaya dada SEA Games 2017 Kuala Lumpur di National Aquatic Center, Komplek Stadium Bukit Jalil, Malaysia, Jumat (25/8).
Perenang Indonesia Gagarin Nathaniel bertanding pada renang nomor 100 meter gaya dada SEA Games 2017 Kuala Lumpur di National Aquatic Center, Komplek Stadium Bukit Jalil, Malaysia, Jumat (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Cabang olahraga renang bertekad menutup keikutsertaannya di SEA Games 2017 Malaysia, Sabtu (26/8) dengan emas. Semua pertandingan di cabang ini di National Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur akan berakhir.

Pada hari pamungkas ini, Indonesia memang masih mempunyai peluang untuk menambah pundi-pundi emas yang salah satunya melalui Indra Gunawan maupun Gagarin Nathaniel di nomor 50 meter gaya dada. Selain itu juga dari nomor 4X100 meter gaya ganti.

"Harapan kami seperti itu. Semoga di hari terakhir ini bisa meraih hasil terbaik," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E Rahardjo di hotel atlet Bukit Bintang, Kuala Lumpur.

Cabang renang saat ini telah mengumpulkan tiga medali emas yang dipersembahkan oleh I Gede Siman Sudartawa, Triady Fauzi dan Gagarin Nathaniel. Hasil ini terbilang sesuai dengan incaran sebelum berangkat ke kejuaraan dua tahunan ini.

Tidak hanya renang, tenis juga berpeluang untuk meraih emas karena atlet Indonesia turun di dua final yaitu Christopher Rungkat yang turun ditunggal putra. Atlet yang akrab dipanggil Christo ini bakal menghadapi wakil dari Thailand.

Di nomor lainnya Christo akan turun bersama dengan Jessy Rompies pada final ganda campuran dan berhadapan dengan wakil Thailand, Sanchai Ratiwatana/Nicha Lerpitaksinchai. Dengan turun di dua nomor, konsentrasi Christo diharapkan tidak terpecah.

"Saya optimistis bisa meraih medali emas tunggal putra. Saya sudah dua kali mengalahkannya di Tarakan dan India. Semuanya straight set," kata Christo.

Khusus untuk ganda campuran, tunggal andalan Indonesia itu mengaku agak canggung. Untuk sementara akan fokus di nomor tunggal dan setelah itu nomor ganda campuran pertandingannya tidak ada jeda. 

Dari cabang bela diri, judo mulai terjadi perburuan emas, sementara pencak silat masih menjalani pertandingan kualifikasi. Begitu juga dengan Muay. Sedangkan taekwondo, perburuan emas dimulai yang salah satunya lewat nomor poomsae lewat Maulana Haidir dan kawan-kawan.

Bulu tangkis nomor tunggal juga mulai digelar dan harapannya emas-emas bisa muncul disini. Jonatan Christie dan kawan-kawan diharapkan mampu menyumbang dua medali emas di nomor individu ini mengingat satu emas dari nomor tim putra sudah didapat.

Keseruan SEA Games 2017 pada hari ke delapan ini akan ditutup dengan pertandingan bergengsi antara timnas sepak bola Indonesia melawan Malaysia di Stadion Shah Alam, Selangor. Pertandingan sarat gengsi  ini adalah hidup mati untuk lolos ke final.

Sumber : Antara