Kamis , 24 August 2017, 03:51 WIB

Indonesia Sisakan Tiga Wakil di Tenis SEA Games

Red: Israr Itah
Antara/Andika Wahyu
Christopher Rungkat
Christopher Rungkat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menyisakan tiga wakilnya dalam cabang olahraga tenis pada SEA GAmes 2017 di Kuala Lumpur. Berdasarkan laman resmi SEA GAmes 2017 yang dipantau di Jakarta, Rabu (24/8), hal tersebut dipastikan setelah dalam pertandingan hari ketiga ketiga wakil Indonesia yang berasal dari nomor tunggal putra dan ganda campuran memperoleh hasil positif.

Pada nomor tunggal putra, nama Christopher Rungkat berhasil melaju ke putaran semifinal setelah menumbangkan pemain Vietnam Nguyen Hoang Thien 6-3, 6-1. Di partai semifinal nanti Christo akan menghadapi wakil Thailand Wishaya Throngcharoe Nchaikul.

"Ini sesuai harapan bisa sampai semifinal. Untuk partai semifinal saya optimistis, karena tahun lalu sempat bertemu dan menang atas Wishaya meski dengan skor ketat," ujar Christo dalam keterangannya.

Christo menjadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa di nomor tungga putra setelah peraih perak SEA Games 2015, David Agung Susanto, tumbang oleh unggulan pertama asal Vietnam Hoang Nam Ly 2-6, 4-6.

Adapun dua wakil tersisa Indonesia lainnya, datang dari nomor ganda campuran melalui Sunu Wahyu Trijati/Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat/Jessy Rompies.

Sunu/Aldila sukses melaju ke putaran dua setelah di pertandingan pertamanya mereka mengalahkan Syed Nagouib/Selvarajoo asal Malaysia 6-2, 6-2. Sedangkan Christo/Jessy menyudahi perlawanan pasangan tuan rumah Christian Olivier Lee/Aslina Chua 6-3, 6-0.

"Di ganda campuran sendiri saya akan berusaha tetap berjuang agar bisa terus melaju," ujar Christo.

Sementara itu, di nomor tunggal putri, ganda putra dan ganda putri, Indonesia harus menerima kenyataan wakilnya habis.

Pada tunggal putri, Beatrice Gumulya yang merupakan satu-satunya wakil Indonesia tersisa, harus rela gagal mencapai empat besar setelah dipaksa menyerah dari Anna Clarice Patrimonio (Filipina) 6-7(4), 6-4, 3-6.

Di ganda putra, dua pasangan Indonesia Justin Barki/David Agung Susanto dan Aditya Sasongko/Sunu Trijati gagal melaju ke semifinal setelah meraih hasil negatif di delapan besar.

Justin/David menyerah dari duet kembar asal Thailand Ratiwatana Sonchat/Ratiwatana Sanchai 6-4, 4-7 [10-2]. Sementara Aditya/Sunu menyerah dari pasangan Filipina Ruben Gonzales/Francis Casey Alcantara 5-7, 3-6.

Hal yang sama juga terjadi pada ganda putri, di mana dua pasangan Indonesia Deria Nur Haliza/Aldila Sutjiadi dan Beatrice Gumulya/Jessy Rompies mendapatkan hasil minor di fase delapan besar.

Deria/Aldila dipaksa mengepak kopernya setelah dikalahkan duet Thailand Peangtarn Plipuech/Nicha Lertpitaksinchai 1-6, 5-7. Sementara Beatrice/Jessy tumbang oleh pasangan Katharina Melissa Lehnert/Denise Dy dari Filipina 6-1, 3-6 [7-10].

"Saya sangat terpukul. Sebagai pemain kami sudah siap segalanya dan melihat peluang untuk menang. Kondisi tim saat drawing sangat menganggu kami. Meski demikian saya akan berusaha sebaiknya di nomor campuran," kata Jessy.

Sumber : Antara