Selasa 22 Aug 2017 22:25 WIB

Basket Putri Indonesia Gagal Taklukkan Malaysia

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo SEA Games 2017
Foto: Republika
Logo SEA Games 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua hasil positif yang diraih tim basket putri pada ajang SEA Games 2017 akhirnya terhenti. Menghadapi tuan rumah Malaysia di MABA Stadium, Kuala Lumpur, Selasa (22/8) malam , tim asuhan Kim Dong-won harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 57-72.

Kekalahan ini membuat langkah Indonesia untuk mencetak sejarah baru dengan meraih emas cabang basket putri semakin berat. Indonesia masih menyisakan 3 pertandingan lagi, yakni melawan Vietnam (23/8), Thailand (25/8) dan Singapura (26/8). Jika masih ingin menjaga asa juara, Indonesia tidak boleh kalah. Dan berharap Malaysia tersandung pada laga berikutnya.

Duel Indonesia melawan Malaysia, berlangsung ketat sejak awal pertandingan. Tuan rumah unggul tipis 15-14 di kuarter pertama. Kuarter kedua giliran Indonesia yang memimpin, setelah berhasil memasukkan 17 angka dan kemasukan 15 angka, sehingga di paruh pertandingan skor 31-30 untuk Indonesia.

Pertarungan berlangsung ketat pada kuarter ketiga. Indonesia memimpin hampir pada sepanjang perempat ketiga ini sebelum disalip pada dua menit akhir. Hingga kuarter ketiga usai, Indonesia tertinggal 47-50.

Membutuhkan angka lebih banyak dari lawan di kuarter terakhir, Sophia dkk justru tampil kurang maksimal. Pertahanan begitu gampang ditembus. Dan, akhirnya harus mengakui keunggulan lawan 72-57.

Beberapa keputusan wasit yang merugikan tampaknya menjadi salah satu faktor gampangnya defense Indonesia ditembus. Para pemain Indonesia seolah ragu-ragu untuk bermain ngotot untuk merebut bola. Sebab, wasit kerap meniup tanda pemain Indonesia pelanggaran.

Di sisi lain, pemain Indonesia memang seperti kehilangan angka menembus pertahanan Malaysia yang pada kuarter akhir memasang dua pemain besar di paint area.

Field goal Indonesia pada gim kali ini cukup rendah, yakni 27 persen. Dari 61 percobaan, hanya 16 kali yang berhasil. Percobaan dua angka hanya berhasil 10 kali dari 35 percobaan. Sedangkan tembakan tiga tidak seakurat kemarin, kali ini hanya berhasil tujuh kali dari 26 percobaan. Sebaliknya field goal Malaysia sangat bagus mencapai 41 persen.

Gabriel Shopia menjadi yang terbaik dengan membukukan 14 angka dan 7 rebound. Di kubu lawan tiga pemain mampu mencetak dobel digit yakni Rajintiran 16 angka Pang 14 angka 10 rebound dan Ting 13 angka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement