Senin 21 Aug 2017 18:02 WIB

Indonesia Siapkan Pengganti Evan Dimas

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Pemain Timnas U-22 Evan Dimas (kiri) dan Ezra Walian berlatih sebelum berlaga pada SEA Games XXIX Kuala Lumpur 2017 di Stadion UKM, Bangi, Selangor, Malaysia, Senin (14/8).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pemain Timnas U-22 Evan Dimas (kiri) dan Ezra Walian berlatih sebelum berlaga pada SEA Games XXIX Kuala Lumpur 2017 di Stadion UKM, Bangi, Selangor, Malaysia, Senin (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih tim nasional sepak bola putra Indonesia Bima Sakti Tukiman mengatakan pelatih Luis Milla juga sedang berupaya menyiasati absennya Evan Dimas Darmono pada laga melawan Vietnam. Pemain milik Bhayangkara FC tersebut tak bisa turun lapangan, lantaran akumulasi kartu kuning dari dua laga sebelumnya. 

Indonesia akan menghadapi Vietnam pada penyisihan Grup B SEA Games di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa (22/8) besok. Menurut Bima, ketidakhadiran Evan bakal mempengaruhi lini tengah dan kiri permainan timnas Garuda. 

Sebab selama ini, pemain dari Surabaya Jawa Timur (Jatim) tersebut menjadi tumpuan sebagai pengatur serangan dan  penyalur bola ke lini depan. Posisi penting Evan Dimas di skuat Garuda Indonesia terbukti selama penyisihan grup. 

Dia menjadi satu-satunya pemain tengah yang tak pernah absen sebagai pemain utama. “Pelatih Milla belum menentukan siapa pengganti Evan Dimas,” ujar Bima kepada wartawan, Selasa (21/8).

Namun, dia mengatakan, tim sudah menyiapkan sejumlah alternatif untuk menggantikan Evan. Milla di SEA Games kali ini membawa banyak pemain gelandang. Pemain yang kerap menjadi pelapis Evan Dimas yakni gelandang Arema FC Hanif Sjahbandi, dan gelandang PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar. 

“Di sini, bagi kami semua pemain itu sama pentingnya. Semua pemain harus siap jika dimainkan. Jadi kami (tim pelatih) minta, semua pemain harus bermain yang terbaik,” kata Bima. 

Dia juga menyampaikan, absennya Evan Dimas juga mendesak pemulihan pemain gelandang lainnya. Gelandang kanan Muhammad Hargianto sudah dalam kondisi prima. Pemain milik Persija Jakarta tersebut terpaksa absen lantaran cedera ringan pada laga kontra Timor Leste, Ahad (20/8) kemarin. “Kemungkinan besar  dia (Hargianto) main. Dia sudah terapi. Dia bilang, dia siap bermain,” ujar Bima.

Laga tersebut merupakan pertandingan keempat pada babak penyisihan Grup B. Laga ini krusial bagi kedua tim. Terutama bagi Indonesia. Indonesia bukan hanya harus meraih tiga angka ketika menghadapi Vietnam. Skuat asuhan pelatih Luis Milla Aspas juga harus memperbanyak jumlah gol, dan mempertahankan gawang agar tak kebobolan kalau tetap ingin berada di zona aman  Grup B SEA Games 2017.

Saat ini, Indonesia harus berbagi peringkat dua bersama Thailand. Keduanya juga mengoleksi tujuh angka dari tiga pertandingan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement