Sabtu , 19 August 2017, 12:21 WIB

Myanmar Dipastikan Lolos ke Babak Semifinal SEA Games

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
www.kualalumpur2017.com.my
Striker Myanmar Aung Thu.
Striker Myanmar Aung Thu.

REPUBLIKA.CO.ID, SELANGOR — Timnas U-23 Myanmar memastikan tiket ke babak semifinal SEA Games 2017. Skuat pelatih Gerd Zeise tersebut sudah membawa setengah badannya sebagai juara Grup A usai pesta gol ke gawang Brunei Darussalam saat kedua kesebelasan bertanding di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Jumat (18/8).

Pertandingan tersebut, merupakan pertandingan ketiga bagi Myanmar. Sedangkan bagi Brunei, laga tersebut menjadi yang kedua. Myanmar menang telak 6-0 atas Brunei. Saat laga, Myanmar membuka keunggulan pada menit ke-24. Aung Thu, sebagai pembuka keunggulan. Gol miliknya, menjadi yang ketiga sekaligus membuat namanya sebagai pencetak gol terbanyak sementara ini.

Gol kedua, terjadi pada menit ke-40 oleh Sithu Aung. Gol selanjutnya terjadi pada menit ke-73 dan 85 lewat sepakan Aung Kaung Mann. Dua gol lainnya terjadi pada menit ke-90 lewat sepakan Maung Maung Lwin ketika tambahan waktu pada ke-93 yang tercatat atas nama Than Paing.

Hasil itu membuat skuat berjuluk the White Angel kini punya nilai 9 angka di papan klasemen Grup A. Itu didapat dari tiga partai tanpa kekalahan. Catatan gol Myanmar juga terbilang paling banyak sementara ini, yakni dengan 11 gol, dan hanya satu kali kebobolan saat menang 3-1 dari Laos, Rabu (16/8)

Selanjutnya, Myanmar akan menantang tuan rumah Malaysia,  pada Senin (21/8). Pertandingan tersebut, akan menjadi partai final penyisihan grup bagi Myanmar. Sedangkan, bagi Harimau Malaya, pertandingan tersebut menjadi matchday ketiga. 

Namun yang pasti, perjumpaan kedua kesebelasan negara tersebut, hasilnya akan menjadi penentuan juara grup. Malaysia, kini sebagai penguhi peringkat ke-2 klasemen sementara Grup A dengan nilai enam. 

Jumlah gol milik Malaysia, pun berada di bawah Myanmar, dengan produktivitas empat kali, dan dua kali mengalami kebobolan. Jika Malaysia menang maka hasil tersebut dipastikan tak akan menghambat Myanmar melaju ke babak semifinal.

Selisih tujuh gol antara kedua negara pun sepertinya berat membuat Malaysia, mampu menggeser Myanmar di pucuk klasemen. Kepastian Myanmar melaju ke babak semifinal, pun terang menengok posisi ketiga klasemen sementara Grup A, yakni Singapura. Kesebelasan Singa Muda itu, sudah melakoni pertandingan ketiganya, dengan kemenangan 2-0 dari Laos pada Jumat (18/8).

Kemenangan tersebut, menjadi nilai pertama Singapura di papan klasemen, dengan nilai tiga. Namun, di dua laga sebelumnya, Singapura kalah 1-2 dari Malaysia, dan takluk 0-2 dari Myanmar. Posisi ketiga Singapura saat ini, masih memungkinkan negara itu, melaju ke babak semifinal, melihat Singapura masih menyisakan satu kali laga, melawan Brunei, Rabu (23/8) mendatang.

Namun nasib Singapura, setali dengan hasil laga antara Malaysia dan Myanmar. Jika Myanmar berhasil membikin kandas Malaysia maka Singapura diwajibkan menang dari Brunei agar membuat skuat Harimau dan Singa punya nilai sama di papan klasemen, yakni enam angka. Singapura pun harus mendoakan Laos mampu mempecundangi Malaysia, dalam penyisihan terakhir kedua negara, pada Rabu (23/8).

Berikut Klasemen Sementara Grup A SEA Games 2017, Sabtu (19/8):

Pos    Tim                    P    M    S    K    N

1        Myanmar            3    3    0    0    9

2        Malaysia             2    2    0    0    6

3        Singapura           3    1    0    2    3

4        Laos                    2    0    0    2    0

5        Brunei                 2    0    0    2    0