Jumat 18 Aug 2017 11:09 WIB

Malaysia Tambah Dua Emas, Polo Air Indonesia Buat Kejutan

Atlet Polo Air Indonesia Silvester Goldberg Manik (kanan) berebut bola dengan atlet polo air Singapura Ang Wei Ming Sean pada pertandingan Polo Air putra SEA Games XXIX Kuala Lumpur di National Aquatic Centre, kawasan Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (18/8).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Atlet Polo Air Indonesia Silvester Goldberg Manik (kanan) berebut bola dengan atlet polo air Singapura Ang Wei Ming Sean pada pertandingan Polo Air putra SEA Games XXIX Kuala Lumpur di National Aquatic Centre, kawasan Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia menambah perolehan medali emas SEA Games 2017 pada Jumat (18/8) hari ini. Perenang perairan terbuka tuan rumah meraih dua medali emas pada perlombaan hari ini. 

Dilansir The Star pada Jumat, perenang perairan terbuka Malaysia berada mengantongi medali emas kelima dan keenam bagi Malaysia. Kevin Yeap membawa pulang medali emas pertama setelah menjadi yang tercepat pada renang perairan terbuka putra sejauh 10 kilometer. Heidi Gan menyusul pada nomor putri. 

Kevin yang mencetak sejarah sebagai atlet Malaysia pertama yang meraih medali emas pada dua dispilin berbeda mengatakan sangat senang berhasil meraih medali emas. “Saya selalu ingin pensiun setelah gagal lolos kualifikasi renang kolam Olimpiade 2016 di Rio,” kata atlet berusia 28 tahun yang meraih emas gaya bebas pada SEA Games 2011 di Indonesia, dilansir dari New Strait Times.

Dari arena lain cabor akuatik, National Aquatics Centre, Bukit Jalil, Malaysia, tim polo air putra Indonesia membuat kejutan dengan menahan imbang tim Singapura 4-4. Singapura yang berstatus juara bertahan unggul lebih dulu pada kuarter pertama melalui Samuel Yu dan Chiam Kun Yang. 

Kemudian, Chiam mencetak gol tambahan untuk menambah keunggulan Singaputa. Indonesia mencoba memperkecil ketertinggalan melalui Maulana Bayu Herfian. Memasuki paruh kedua, Indonesia mencoba menambah keunggulan melalui Ridjkie Mulia dan Benny Respati menyamakan kedudukan. 

Pada kuarter terakhir, Ridjkie kembali mencetak skor untuk membawa Indonesia unggul. Ang An Jung menghindarkan Singapura dari kekalahan pertama pada sejarah SEA Games dengan mencetak skor pada menit krusial. 

Laga tersebut berlangsung sangat ketat dan emosional. Bahkan, wasit mengusir dua pemain keluar kolam yakni Samuel Yu asal Singapura dan Silvester Goldberg Manik dari Indonesia. “Pada laga sangat ketat seperti itu, emosi memang sering muncul. Bukan hal yang baik berkelahi namun hal itu terjadi karena suasana,” kata pemain Singapura, Koh Jian Ying. 

Dengan hasil ini, Singapura dan Indonesia berbagi poin sama. Namun, Singapura tetap berada di puncak klasemen karena unggul selisih skor. Singapura akan menghadapi tuan rumah sedangkan Indonesia akan melawan Filipina pada laga Ahad (20/8). 

Selain renang perairan terbuka dan polo air, beberapa cabang olahraga yang menggelar pertandingan hari ini yakni renang indah, panahan melalui nomor compound campuran, kriket, sepak bola, bola tangan, dan sepak takraw. Tuan rumah berpeluang meraih medali emas melalui panahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement