Kamis , 17 Agustus 2017, 06:44 WIB

Malaysia: Semua Arena SEA Games akan Selesai Tepat Waktu

Red: Ratna Puspita
Antara/Wahyu Putro A
Sejumlah relawan melintasi Stadion Bukit Jalil yang digunakan sebagai lokasi pembukaan SEA Games XXIX Kuala Lumpur, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (14/8).
Sejumlah relawan melintasi Stadion Bukit Jalil yang digunakan sebagai lokasi pembukaan SEA Games XXIX Kuala Lumpur, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin  mengatakan semua arena SEA Games akan siap saat pertandingan di setiap nomor dimulai. Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi tuan rumah SEA Games 2017 yang dimulai pada 9 Agustus hingga 30 Agustus mendatang. 

"Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) baru diserahkan ke panitia beberapa hari yang lalu dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ini adalah proses yang sedang berlangsung namun kami yakin akan selesai pada saat acara dimulai," kata Khairy, dilansir dari The Malay Online, Kamis (17/8). 

Pertandingan yang akan berlangsung di KLCC yakni biliar dan snooker, judo, karate, pencak silat, taekwondo, dan wushu. Khairy mengatakan hanya sedikit renovasi yang dibutuhkan di arena tersebut. 

Pemerintah Kota Malaysia juga melakukan berbagai upaya pengamanan untuk memastikan arena SEA Games aman, termasuk dari ancaman kebakaran. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Khirudin Drahman mengatakan telah membentuk satuan tugas yang berisi 226 personel pemadam kebakaran untuk ditempatkan di lokasi-lokasi pertandingan. 

Khirudin menjelaskan mereka telah dibagi menjadi tiga kelompok untuk memantau tiga venue utama. Dari jumlah tersebut, 78 personel akan berbasis di stasiun pemadam kebakaran Bukit Jalil, 74 di stasiun pemadam kebakaran Keramat dan Jalan Tun Razak untuk memantau KL Convention Center, dan 74 lainnya akan berada di stasiun pemadam kebakaran Sentul dan Hartamas, yang dekat dengan Pusat Perdagangan dan Pameran Internasional Malaysia (Mitec).

"Satgas yang dikerahkan ke kota ini terdiri dari personel dari kota lain juga. Ada lebih banyak personel yang mengawasi Stadion Bukit Jalil karena akan ada  lebih dari 100 ribu penonton (di kompleks olahraga itu),” kata Khirudin, dilansir dari Malay Mail Online.

Petugas yang berjaga di stasiun pemadam kebakaran lain di Kuala Lumpur juga akan bersiaga. "Mereka akan siaga selama 24 jam di Pusat Komando Insiden, di mana mereka akan memantau lokasi untuk keamanan atlet," katanya.

Khirudin mengatakan pemeriksaan yang dilakukan telah menunjukkan bahwa tempat-tempat tersebut telah memenuhi persyaratan keamanan. Dia mengatakan pemerintah kota juga sudah melakukan sejumlah penyesuaian kecil seperti menyarankan kursi penonton yang digeser untuk memastikan ada cukup ruang bagi personel bergerak saat merespons insiden.

"Perlu ada cukup ruang terutama dengan peralatan kita, seperti alat pemadam kebakaran atau selang reel. Kami ingin bisa bertindak segera, lima menit (setelah menerima laporan, "kata Khirudin.

Dia pun mendoakan SEA Games berlangsung tanpa hambatan.