Jumat , 11 August 2017, 18:06 WIB

Tiba di Kuala Lumpur, Tim Balap Sepeda Incar Emas Time Trial

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Antara/Wahyu Putro A
Para pembalap Indonesia berlaga di nomor tim time trial. (ilustrasi)
Para pembalap Indonesia berlaga di nomor tim time trial. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Tim balap sepeda Indonesia untuk SEA Games 2017 sudah tiba di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (10/8) malam. Tim dipimpin oleh peraih medali emas SEA Games 2015 dari nomor time trial perorangan Robin Manulang. Ajang SEA Games yang ke-29 ini akan digelar mulai 19-30 Agustus.

Saat tiba di bandara Kuala Lumpur, pelatih kepala tim balap sepeda Indonesia Suwandra mengatakan, skuatnya memiliki target untuk memenangkan medali emas di sektor tim time trial. Perlombaan balap sepeda akan dimulai sejak 21 hingga 24 Agustus mendatang di Velodrome Nasional yang baru di Nilai dan Putrajaya.

Tim balap sepeda Indonesia tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk melakukan persiapan dengan serangkaian latihan yang mulai berjalan pada Jumat (11/8) sore waktu setempat.

"Target utama kami adalah medali emas tim time trial.  Kami sudah mempersiapkan diri untuk event tersebut. Misi kami sekarang adalah untuk menguji trek baru. Saya yakin poin kekuatan kami adalah event Team Time Trial," kata Suwandra, dilansir dari laman resmi penyelenggara SEA Games 2017, Kuala Lumpur 2017, Jumat (11/8).

Suwandra, yang juga mantan pembalap sepeda nasional ini, menambahkan bahwa tim balap sepeda Indonesia memiliki pesaing kuat di ajang kompetisi olahraga Asia Tenggara ini. Mereka di antaranya tuan rumah Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Pada 2013 lalu, Vietnam memenangkan medali emas.

"Sedangkan untuk criterium dan individual mass start, saya pikir ini akan menjadi balapan terbuka," kata dia.

Sebelumnya, manajer tim Budi Saputra mengatakan bahwa atlet balap sepeda Indonesia memiliki kans dalam sejumlah sektor lomba untuk meraih medali emas SEA Games. Peluang tersebut ada pada tim sprint putri, criterium putra-putri, individual road race putra-putri, dan time trial putra-putri.