Jumat , 11 August 2017, 02:04 WIB

Dokter Timnas Pesimistis Bagas Bisa Tampil di SEA Games

Red: Israr Itah
Dok PSSI
Bagas Adi Nugroho (kanan)
Bagas Adi Nugroho (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter tim nasional U-22 Indonesia Syarief Alwi pesimistis bek tengah timnas Bagas Adi Nugroho bisa berlaga di SEA Games 2017, Kuala Lumpur. Bagas masih berkutat dengan pemulihan cedera. 

Menurut Syarief, jika tetap dipaksakan bermain, cedera lutut yang diderita Bagas sejak akhir Juli 2017 itu berpotensi semakin parah.

"Dia tidak mungkin mengikuti pertandingan yang ketat. Penyembuhan total seharusnya enam sampai delapan pekan," kata Syarief di Jakarta, Kamis (10/8).

Bagas merupakan salah satu pemain yang selalu diturunkan oleh pelatih Luis Milla baik ketika uji coba maupun turnamen resmi seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 di Bangkok, Thailand, Juli 2017 lalu. Dia mendapatkan cedera lututnya pada turnamen tersebut.

Walau masih berharap pada kesembuhan Bagas, pelatih Luis Milla sudah mengantisipasi absennya bek tengah asal Arema FC tersebut. Salah satunya adalah dengan menempatkan bek kiri Ricky Fajrin sebagai bek tengah.

"Meskipun demikian, kami masih menunggu Bagas sampai detik akhir pendaftaran nama pemain karena dia adalah pemain penting. Namun kami pun sudah bersiap untuk kemungkinan terburuk dengan menyiapkan pemain lain. Semua pemain bisa membantu tim," tutur Milla.

Menanggapi kemungkinan absennya Bagas di SEA Games 2017, pemain timnas U-22 Febri Hariyadi menyebut hal tersebut akan sedikit berdampak kepada tim karena menurutnya Bagas adalah pemain yang bagus.

"Akan tetapi, ada atau tidak ada Bagas nantinya, tim kami akan tetap solid. Kalaupun Bagas absen, tim pelatih akan menyiapkan penggantinya," kata Febri.

Adapun di SEA Games 2017, Malaysia, timnas U-22 Indonesia ada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Timor Leste, Vietnam dan Kamboja.

Timnas U-22 dijadwalkan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (12/8) dan akan melakoni laga pertama di Grup B pada Selasa (15/8) melawan juara bertahan SEA Games, Thailand.

Pertandingan kedua dilangsungkan pada Kamis (17/8) kontra Filipina, lalu dilanjutkan versus Timor Leste pada Ahad (20/8). Pertandingan Indonesia melawan Vietnam dan Kamboja masing-masing diadakan Selasa (22/8) dan Kamis (24/8). 

Sumber : Antara