Senin , 07 Agustus 2017, 12:02 WIB

Pemerintah Ingin Indonesia Raih 55 Emas SEA Games 2017

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (tengah) foto bersama dengan kontingen Indonesia ke SEA Games XXIX Malaysia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8).
Presiden Joko Widodo (tengah) foto bersama dengan kontingen Indonesia ke SEA Games XXIX Malaysia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden JokoWidodo (Jokowi) pagi (7/8) ini, melepas kontingen Indonesia untuk mengikuti perhelatan SEA Games di Kuala Lumpur, Malaysia. Pemerintah pun berharap, para atlet dapat membawa pulang 55 medali emas dari berbagai cabang olahraga di pertandingan olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Kontingen Indonesia diharapkan memperoleh 55 medali emas, 95 perak, yang diperoleh dari 30 cabang olahraga (cabor), kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan KebudayaanPuan Maharani, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/8). Dalam SEA Games 2015 di Singapura lalu, Indonesia berhasil memperoleh 47 medali emas dan berada di peringkat kelima.

Untuk SEA Games tahun ini, akan mempertandingkan 38 cabang olahraga dan memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak, serta 529 medali perunggu. Namun, Indonesia hanya mengikuti 37 cabang olahraga.

Lebih lanjut, Indonesia pun akan mengirimkan 870 kontingennya yang terdiri dari 533 atlet,170 pelatih dan manajer, 55 headquarter, dan 122 orang peserta mandiri yang menggunakan biaya sendiri. Keseluruh kontingen akan diberangkatkan secara terpisah dan dibagi dalam 15 kloter.

Meskipun baru akan dibuka resmi pada 19 Agustus nanti, sejumlah pertandingan akan dipertandingkan sebelum acara pembukaan. Puan mengatakan, para atlet yang dikirimkan merupakan atlet yang mengikuti program pembinaan atlet elit Indonesia dan diproyeksikan untuk mengikuti berbagai olahraga internasional.

Ia menyampaikan, prestasiyang diraih para atlet Indonesia dalam pertandingan SEA Games ini merupakan tahapan untuk mempersiapkan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 2018 mendatang.

Berita Terkait