Kamis 03 Aug 2017 12:16 WIB

Timnas Balap Sepeda Berangkat Bertahap ke Malaysia

[Ilustrasi] Balap sepeda disiplin road race.
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
[Ilustrasi] Balap sepeda disiplin road race.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas balap sepeda yang akan berlaga di SEA Games 2017 Malaysia 19-30 Agustus berangkat secara bertahap karena pertandingan kejuaraan dua tahunan ini tidak dilakukan secara bersamaan untuk masing-masing disiplin.

Manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputro di Jakarta, Kamis (3/8), mengatakan keberangkatan timnas balap sepeda berlangsung tiga tahap. Disiplin road race akan masuk gelombang keberangkatan pertama bersama disusul BMX dan disiplin track.

"Road race akan berangkat Kamis (10/8), BMX berangkat Sabtu (19/8) dan track tanggal 22 Agustus. Keberangkatan atlet ini disesuaikan dengan waktu masuk hotel yang disiapkan oleh penyelenggara. Semua pembalap langsung ke Nilai (lokasi balapan)," kata dia. 

Untuk nomor road race, Indonesia akan mengandalkan pembalap yang sudah cukup dikenal yaitu peraih emas nomor ITT SEA Games 2015 Robin Manullang. Selain itu, ada nama Abdul Soleh, Aiman Cahyadi, Bernard Benyamin Van Aert, Dadi Suryadi, Erik Andriyanto, Fatahillah Abdullah, Nandra Eko Wahyudi, Heksa Prasetya hingga pembalap gaek Ryan Ariehan Hilmant.

Pembalap ini, selain turun di nomor road race, juga akan turun di nomor track. Pe,balap yang akan turun di track di antaranya adalah Robin Manullang, Fatahillah Abdullah, Erik Andriyanto, Nandra Eko Wahyudi, Aiman Cahyadi, dan Ryan Ariehan Hilmant.

Kekuatan di sektor putri untuk nomor road race bertumpu pada Ayustina Delia Priatna, Magfirotika Marenda, dan Yanthi Fuchianty. Khusus untuk Ayustina Delia Priatna dipastikan akan turun juga di disiplin track.

Untuk disiplin BMX, Indonesia bakal mengandalkan tiga pembalap yaitu Elga Kharisma Novanda di kelompok putri serta I Gusti Bagus Saputra dan Rio Akbar di sektor putra. Disiplin BMX ini merupakan salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali emas mengingat untuk disiplin lain persaingannya jauh lebih berat.

"Elga merupakan salah satu harapan kami untuk mendulang emas dari balap sepeda. Semoga prestasi terbaik mampu diraih oleh tim balap sepeda Indonesia," kata Budi Saputra menambahkan.

Untuk nomor track, selain pembalap yang juga turun di road race, Indonesia bakal menurunkan pembalap lain yaitu Crismonita Dwi Putri serta dua pebalap senior Uyun Muzizah dan Santia Tri Kusuma. Di sektor putra ada nama selain nama yang turun di road race juga ada nama Reno Yudha Sansoko, Puguh Ahmadi, Muhammad Nur Fathoni, Ahmad Aditya, Eko Bayu Nurhidayat dan Elan Ruyadi.

Untuk displin track, Budi Saputra menegaskan persaingan di putra cukup berat mengingat tuan rumah memiliki pembalap dengan status juara dunia yaitu Azizulhasni Awang. Meski demikian, ia tetap optimistis dengan kemampuan Puguh Ahmadi dan kawan-kawan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement