Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Yessy Pecahkan Rekor Sea Games untuk Renang Gaya Punggung Putri

Senin, 14 November 2011, 14:21 WIB
Komentar : 0
Antara/Rosa Panggabean
Perenang Indonesia, Yessy Yossaputra, beraksi di nomor 200 meter gaya punggung putri di Stadion Aquatic Centre Jakabaring dalam SEA Games XXVI, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (13/11).
Perenang Indonesia, Yessy Yossaputra, beraksi di nomor 200 meter gaya punggung putri di Stadion Aquatic Centre Jakabaring dalam SEA Games XXVI, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (13/11).

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Yessy Yosaputra mojang Priangan, memecahkan kebuntuan prestasi renang Indonesia setelah memecahkan rekor baru SEA Games XXVI/2011 di nomor 200 meter gaya punggung putri dengan waktu 2 menit 15,73 detik.

Prestasi luar biasa itu diciptakan Yessy setelah dirinya memecahkan rekor yang sejak 18 tahun lalu tidak pernah terpecahkan atas nama Akiko Thomson asal Philipina yang dibuatnya pada SEA Games 1993.

"Saya awalnya tidak percaya apa yang telah dibuat pada final tersebut dan setelah melihat catatan waktu baru percaya bahwa terpecahkan rekor baru SEA Games," kata Yessy.

Menjelang tampil difinal 200 meter gaya punggung Yessy mengakui, dirinya tidak memiliki firasat apa-apa akan terpecahkannya rekor SEA Games namun hanya berusaha tampil maksimal dan habis-habisan untuk bisa meraih medali.

"Saya hanya ditargetkan pelatih bisa meraih medali perak mengingat catatan waktu terbaik saingannya perenang Singapura Tao LI pada penyisihan catatan waktunya sangat baik," kata Yessy.

Namun berkat latihan dan penampilan yang maksimal difinal dirinya terus berjuang sekuat tenaga sehingga hasilnya benar-benar meraih emas pertama dan sekaligus memecahkan rekor baru SEA Games.

"Semua itu saya persembahkan yang terbaik untuk negara dipesta olahraga SEA Games kali ini," kata Yessy putra dari pasangan Yohannes dan Sumarni itu.

Setelah yakin dirinya telah memciptakan rekor baru SEA Games pada cabang renang nomor 200 meter gaya punggung putri, maka menjadi motivasi bagi dirinya sendiri untuk terus meningkatkan prestasinya.

Untuk meraih prestasi tersebut Yessy sejak empat tahun lalu hasil dari kejuaraan nasional langsung dipanggil oleh Pengurus PB PRSI untuk dipersiapkan ke SEA Games 2009 di Laos namun karena dirinya sakit tidak terpilih masuk dalam tim Indonesia ke SEA Games dua tahun lalu.

Pada SEA Games 2009 Yessy tidak masuk dalam tim renang Indonesia dan SEA Games kali ini merupakan yang pertama kalinya diikuti Yessy. "SEA Games ini merupakan yang pertama kalinya saya ikuti dan dirinya berhasil meraih emas serta memecahkan rekor baru, itu prestasi yang terbaik saya persembahkan kepada negara," kata Yessy yang masih berusia 16 tahun itu.

Yessy juga merupakan atlet yang akan diikutsertakan pada lomba renang perairan terbuka di Jakarta pada SEA Games kali ini.

Selain turun pada renang, Yessy juga akan tampil di cabang renang perairan terbuka dengan dua nomor yang akan diikutinya yakni jarak 5.000 meter dan 10.000 meter pada SEA Games 2011.

Saat ini Yessy yang menjadi perenang spesialis gaya punggung nasional dan akan lebih berkonsentrasi lagi untuk menghadapi perlombaan internasional lainnya.

Redaktur : taufik rachman
Sumber : antara
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Hampir Sama dengan Sistem Pesawat, Pengemudi Truk Ini Bisa 'Selonjoran'
WASHINGTON DC -- Truk biasanya digunakan untuk mengantar barang jarak jauh. Kelelahan selalu menjadi kendala dari pengemudi truk. Akan hal itu Mercedes-Benz menciptakan...