Jumat 26 May 2023 22:21 WIB

Cuci Kaki Sebelum Tidur, Ini 5 Manfaatnya untuk Tubuh

Demi tidur nyenyak, rutinitas sederhana yang penting dilakukan adalah cuci kaki.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Mencuci kaki (ilustrasi). Mencuci kaki sebelum tidur memiliki setidaknya lima manfaat bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com.
Mencuci kaki (ilustrasi). Mencuci kaki sebelum tidur memiliki setidaknya lima manfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Selain pertimbangan kuantitas, kualitas tidur juga sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh saat terbangun.

Untuk mendukung tidur malam yang nyenyak, rutinitas sederhana yang penting dilakukan adalah mencuci kaki. Hal itu diyakini dapat membantu tubuh merasa rileks dan membuat tidur nyenyak. Seperti dilansir laman The Health Site, Jumat (26/5/2023), berikut beberapa manfaat lain dari rutinitas mencuci kaki sebelum tidur:

Baca Juga

1. Meringankan rasa sakit

Kaki menahan beban seluruh tubuh setiap hari. Kita mungkin tidak menyadari bahwa hal ini menyebabkan rasa sakit dan ketegangan menumpuk di kaki. Mencuci kaki dengan air dingin atau air hangat akan membantu meringankan rasa sakit.

2. Mengatur suhu tubuh

Mencuci kaki dapat membantu mengatur suhu tubuh. Jika suhu terasa panas, Anda bisa mencuci kaki untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Teori yang sama juga berlaku jika kita merasa kedinginan.

3. Menyembuhkan tumit pecah-pecah

Air juga membantu menyembuhkan kulit. Jadi, pedikur singkat sebelum tidur dapat membantu menyembuhkan tumit pecah-pecah dan menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

4. Meningkatkan aliran darah

Mencuci kaki akan membantu meningkatkan aliran darah dan juga menghilangkan bau tak sedap terutama di musim panas.

5. Menyembuhkan cedera

Mencuci kaki bisa membantu meringankan nyeri sendi dan otot. Anda dapat menggunakan ember berisi air dingin atau air hangat atau menggunakan keduanya untuk terapi panas dan dingin. Hal ini direkomendasikan oleh dokter untuk membantu menyembuhkan cedera pergelangan kaki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement