Rabu 24 May 2023 19:05 WIB

Xavi Tegaskan Kounde tak Punya Keinginan Tinggalkan Barcelona

Kounde sebelumnya dilaporkan tidak kerasan bertahan di Barcelona.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
 Bek FC Barcelona Jules Kounde (kiri).
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Bek FC Barcelona Jules Kounde (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez membantah semua laporan terkait keinginan Jules Kounde untuk meninggalkan Camp Nou pada akhir musim ini. Kabar kepergian Kounde itu berpangkal pada ketidakpuasan pemain bertahan asal Prancis itu atas posisi bermainnya di skuad Blaugrana.

Kala masih merumput bersama Sevilla, Kounde kerap dipercaya untuk menempati posisi bek tengah. Namun, begitu hijrah ke Barcelona pada awal musim ini, pemain berusia 24 tahun itu lebih sering diturunkan sebagai bek kanan. 

Baca Juga

Di posisi bek tengah, Xavi Hernandez lebih sering menduetkan Ronald Araujo dan Andreas Christensen. Sementara Kounde kerap menggantikan posisi Sergi Roberto untuk mengawal sisi kanan pertahanan Blaugrana. Kounde ternyata dilaporkan kecewa dengan perubahan posisi tersebut.

Kendati mengawali karier sebagai bek kanan, mantan penggawa Bordeaux itu lebih kerasan menempati posisi bek tengah. Dalam laporan salah satu media asal Spanyol, Sport, kondisi ini sudah cukup membuat Kounde berpikir untuk meninggalkan Camp Nou kendati baru satu musim memperkuat Barcelona.

Namun, laporan itu dibantah oleh Xavi. Mengaku sudah bertemu dan berbicara langsung dengan Kounde, eks pelatih Al Sadd itu menegaskan, beknya masih kerasan memperkuat Blaugrana. Kounde, ujar Xavi, tidak memiliki masalah dengan perubahan posisi bermain tersebut.

"Saya sudah berbicara dengan Kounde. Saya juga sudah cukup jelas dengan dia. Saya tahu, ada begitu banyak cerita soal dirinya. Namun, pemain itu meninggalkan pertemuan itu dengan senang, begitu juga saya. Pembicaraan itu sudah cukup jelas, tidak ada masalah atau isu apa pun," kata Xavi seperti dilansir Football London, Rabu (24/5/2023).

Tidak hanya soal posisi bermain, rencana Blaugrana untuk bisa merekrut kembali Lionel Messi juga kian memanaskan kabar kepergian Kounde. Dengan kepergian Kounde, Barcelona bisa melakukan penghematan di neraca keuangan, terutama di pos gaji pemain. 

Alhasil, Barcelona memiliki ruang yang cukup di neraca keuangan untuk bisa mendatangkan Messi agar bisa sejalan dengan ketentuan finansial La Liga. Chelsea pun masuk dalam pusaran rumor kepergian Kounde tersebut. Maklum, sebelum akhirnya memilih bergabung bersama Blaugrana, Kounde dilaporkan sudah begitu dekat dengan kepindahan ke Chelsea pada awal musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement