Rabu 24 May 2023 22:14 WIB

Solusi Atasi Masalah tak Bisa Unduh Video atau Foto di WhatsApp

Meskipun WhatsApp dikenal dengan stabilitasnya, terkadang ada masalah yang muncul.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Meskipun WhatsApp dikenal dengan stabilitasnya, terkadang ada masalah yang mungkin muncul. Salah satu contohnya adalah menemukan kesalahan saat mengunduh video dan foto di WhatsApp.
Foto: Unsplash
Meskipun WhatsApp dikenal dengan stabilitasnya, terkadang ada masalah yang mungkin muncul. Salah satu contohnya adalah menemukan kesalahan saat mengunduh video dan foto di WhatsApp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Meskipun WhatsApp dikenal dengan stabilitasnya, terkadang ada masalah yang mungkin muncul. Salah satu contohnya adalah menemukan kesalahan saat mengunduh video dan foto di WhatsApp.

Dilansir dari Gizchina, Rabu (24/5/2023), ada solusi melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga

Periksa koneksi internet Anda.

Aktifkan WiFi untuk terhubung ke jaringan berkecepatan tinggi di rumah atau kantor. Jika memungkinkan, gunakan jaringan nirkabel untuk mengunduh data WhatsApp. Verifikasi apakah data seluler dinonaktifkan. Anda mungkin secara tidak sengaja mematikan data seluler, yang mencegah Anda terhubung ke layanan WhatsApp begitu Anda meninggalkan jaringan WiFi rumah.

 

Meningkatkan cakupan jaringan.

Cakupan yang tidak memadai di jaringan data seluler atau WiFi dapat menyebabkan kesalahan saat mengunduh gambar dan video di WhatsApp. Jika masalahnya ada pada WiFi rumah Anda, pertimbangkan untuk memindahkan router, membeli repeater, atau membuat jaringan mesh untuk meningkatkan sinyal. Jika Anda secara konsisten mengalami masalah sinyal dengan data seluler Anda, konsultasikan dengan tim dukungan teknis penyedia layanan seluler Anda untuk mendapatkan bantuan.

 

Mulai ulang (restart) perangkat Anda.

Memulai ulang perangkat Anda dapat menyelesaikan berbagai masalah, termasuk yang mencegah Anda mengunduh video dan foto WhatsApp. Cukup tekan tombol power dan pilih opsi restart. Tunggu hingga proses selesai, lalu periksa apakah Anda dapat mengunduh kembali file Anda.

 

Kosongkan ruang di ponsel Anda.

Ruang penyimpanan yang tidak mencukupi di ponsel Anda juga dapat menghambat pengunduhan file baru. Untuk memeriksanya , akses pengaturan perangkat Anda dan arahkan ke bagian penyimpanan. Ini dapat ditemukan di bagian Maintenance, System, atau About this phone, bergantung pada merek perangkat Anda.

Periksa informasi yang diberikan untuk menentukan apakah memori internal perangkat sudah penuh. Jika ya, kosongkan ruang di perangkat Android Anda dan coba unduh video dan foto yang Anda terima di WhatsApp.

 

Perbarui WhatsApp.

Kunjungi Google Play Store, ketuk gambar profil akun Anda, dan pilih “Manage apps and device.” Kemudian, navigasikan ke bagian pembaruan dan periksa pembaruan yang tersedia untuk WhatsApp.

 

Periksa status layanan.

Untuk memeriksa status platform, Anda memiliki dua opsi. Opsi pertama, gunakan Downdetector, situs web yang didedikasikan untuk mendeteksi kegagalan dalam layanan populer. Di sini Anda dapat menemukan laporan dari pengguna lain dan menentukan apakah ada kesalahan umum WhatsApp.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement