Rabu 24 May 2023 08:30 WIB

10 Adab untuk Umat Islam pada Pagi Hari

Saat di pagi hari, biasakan hati untuk selalu ber-muhadharah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 10 Adab untuk Umat Islam di Pagi Hari. Foto: Iman dan ilmu seperti fajar dalam kepemimpina. (ilustrasi).
Foto: Google.com
10 Adab untuk Umat Islam di Pagi Hari. Foto: Iman dan ilmu seperti fajar dalam kepemimpina. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Kedudukan adab lebih tinggi daripada ilmu. Sebagaimana dikatakan Imam Malik kepada muridnya, “Pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu”. Karena itu, dalam kegiatan sehari-hari pun kita harus belajar untuk menjadi pribadi yang lebih beradab.

Pagi hari adalah saatnya memulai aktivitas. Maka itu, gunakanlah waktu pagi hari ini dengan banyak kegiatan yang positif, sehingga dalam menjalani hidup lebih optimistis dan lebih bersemangat.

Baca Juga

Dalam buku Adab dan Doa Sehari-Hari untuk Muslim Sejati terbitan Quanta karya Thoriq Aziz Jayana, telah dijelaskan tentang adab-adab yang bisa dilakukan umat Islam pada pagi hari. Adab-adab ini sangat baik untuk kita terapkan setiap hari dan manfaatnya sangat besar.  

1. Saat pagi hari, biasakan hati untuk selalu ber-muhadharah, selalu mengingat Allah. Rasakan bahwa Allah senantiasa hadir dalam kehidupan kita dengan kenikmatan dari-Nya.

2. Setelah membaca 10 ayat terakhir surah Ali Imran, berangkatlah ke masjid untuk sholat Subuh berjamaah. Jangan lupa mengajak keluarga lainnya untuk ikut ke masjid.

3. Jangan tidur lagi setelah sholat Subuh, karena bisa menghalangi rezeki Allah dan juga tidak baik untuk kesehatan badan.

4. Cobalah lari-lari pagi atau senam ringan. Hal ini sangat baik untuk peregangan otot.

5. Cobalah hirup udara pagi yang bersih, dengan senantiasa menghadirkan kenikmatan Allah yang tiada tara. Tarik napas pelan-pelan dan rasakan bahwa Allah sedang menghidupkan kita.

6. Lakukan aktivitas fisik, seperti menyiram tanaman, menyapu halaman, dan sebagainya.

7. Segeralah mandi sampai bersih. Karena mandi pada pagi hari bagus untuk kesehatan dan menghilangkan rasa malas.

8. Jika masih ada senggang waktu, isilah dengan membaca Alquran, berzikir, atau membaca buku.

9. Jangan habiskan waktu pagi dengan berlama-lama di depan televisi, kecuali membawa kebaikan atau untuk mencari informasi penting. Berlama-lama menonton TV akan membuat malas untuk beraktivitas.

10. Ketika sudah masuk waktu dhuha, laksanakanlah sholat Dhuha. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement