Rabu 24 May 2023 16:34 WIB

Petir Jupiter Sangat Mirip dengan Petir Bumi

Jupiter menjadi satu-satunya planet selain Bumi yang memiliki sambaran petir.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Petir di Planet Jupiter terjadi dengan cara “bertahap” yang sama seperti yang terjadi di Bumi./ilustrasi
Foto: NASA/ESA/CSA/STScI
Petir di Planet Jupiter terjadi dengan cara “bertahap” yang sama seperti yang terjadi di Bumi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Petir Planet Jupiter ternyata serupa dengan yang terjadi di Bumi. Hal tersebut pertama kali terlihat oleh pesawat antariksa Voyager 1 milik NASA lebih dari 40 tahun yang lalu. Saat itu, probe yang berjalan dengan baik menangkap sinyal radio samar yang berlangsung beberapa detik—dijuluki peluit—yang diharapkan dari sambaran petir.

Dilansir dari Space, Selasa (23/5/2023), pada saat itu, kilatan listrik ini membuat Jupiter menjadi satu-satunya planet selain Bumi yang diketahui memiliki sambaran petir. Namun, evolusi mereka di dunia gas telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade.

Baca Juga

Sekarang, sebuah tim yang mempelajari data selama lima tahun dari pesawat ruang angkasa NASA Juno, yang telah mengorbit Jupiter sejak 2016. Mereka telah menemukan bahwa petir Jupiter terjadi dengan cara “bertahap” yang sama seperti yang terjadi di Bumi.

Pengamatan baru menunjukkan bahwa meskipun kedua planet berlawanan kutub dalam ukuran dan strukturnya-planet berbatu kita jauh lebih kecil dari Jupiter dan memiliki permukaan padat, yang tidak dimiliki raksasa gas- keduanya memiliki jenis badai listrik yang sama.

Di Bumi, petir berasal dari dalam awan yang bergolak, yang angin ke atas mengangkat tetesan air dan membekukannya menjadi es, sementara angin ke bawah mendorong gumpalan dingin itu kembali ke dasar awan. Di mana es yang jatuh bertemu dengan tetesan air yang naik, elektron dilepaskan dari yang pertama, menghasilkan awan yang dasarnya bermuatan negatif dan puncaknya positif, dipisahkan oleh udara penyekat.

Saat muatan ini menumpuk, sambaran petir yang terkenal itu melesat di dalam awan atau kadang-kadang dari dasar awan ke tanah. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa proses yang sama terjadi di atmosfer Jupiter.

Meskipun sambaran petir di Bumi terlihat seperti sambaran panjang dan halus dari jauh, para peneliti mengetahui bahwa setiap percikan listrik sebenarnya terdiri dari langkah-langkah yang berbeda. Setiap langkah memancarkan emisi radio terisolasi, yang pendeteksiannya sering kali merupakan satu-satunya cara untuk memahami apa yang terjadi di dalam awan petir.

“Tidak jelas apakah proses loncatan seperti itu juga terjadi di awan Jupiter,” Ivana Kolmašová, seorang ilmuwan peneliti senior di Institut Fisika Atmosfer Akademi Ilmu Pengetahuan Ceko di Praha dan penulis utama studi baru tersebut, mengatakan kepada Space.com.

Itu karena pesawat ruang angkasa sebelumnya yang mempelajari kilat di Jupiter - Voyager 1 dan Voyager 2 NASA, Galileo dan Cassini - tidak memiliki instrumen yang cukup sensitif untuk menangkap sinyal radio secara detail.

Instrumen Waves onboard Juno, bagaimanapun, mengumpulkan emisi radio 10 kali lebih banyak daripada pendahulunya. Itu dilakukan dengan mengambil sinyal petir yang dipisahkan sedekat satu milidetik, yang mengungkapkan perilaku seperti langkah di mana udara di awan Jupiter diisi dan membentuk kilat - sama seperti di Bumi.

“Bagian pekerjaan yang paling menantang dan juga paling memakan waktu adalah pencarian sinyal petir dalam catatan instrumen Waves ,” kata Kolmašová.

Di Jupiter, satu langkah petir seperti itu dapat berlangsung antara beberapa ratus hingga beberapa ribu meter, meskipun sulit untuk dikonfirmasi dengan data Juno yang ada, tulis Kolmašová dan timnya dalam studi baru.

Sementara temuan baru menjelaskan lebih banyak tentang proses kilat awal di Jupiter, masih banyak yang harus diungkapkan. Misalnya, sementara petir Bumi dan Jupiter menyambar dengan cara yang sama, di mana fenomena ini terjadi sangat berbeda di kedua dunia.

Di raksasa gas itu, sebagian besar badai petir telah ditemukan di garis lintang tengah dan lebih tinggi, serta di daerah kutub. Mereka tidak ada di ekuator planet besar, yang berlawanan dengan badai petir di negara asalnya, di mana daerah yang dekat dengan ekuator melaporkan sambaran petir paling banyak.

“Kami hampir tidak memiliki aktivitas petir di dekat kutub di Bumi,” kata Kolmašová kepada Space.com. “Artinya, kondisi pembentukan awan petir Jupiter dan terestrial mungkin sangat berbeda.”

Petir di Jupiter juga didistribusikan secara miring, dengan belahan utara menerima lebih banyak serangan daripada belahan selatannya. Namun, alasan untuk ini masih belum jelas. “Kami juga tidak tahu mengapa kami belum melihat petir datang dari [Great] Red Spot sampai sekarang,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement