Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Teguh Firmansyah_Paramedik Veteriner 004_UNAI

Perawatan Kuda yang Efektif

Pets and Garden | Friday, 12 May 2023, 16:20 WIB

Kuda merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh masyarakat dengan berbagai macam tujuan, baik itu untuk peternakan, olahraga, pertanian ataupun untuk hiburan. Untuk peternakan sendiri biasanya kuda dimanfaatkan susunya atau dagingnya untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk pertanian sendiri biasanya digunakan untuk membajak ladang atau sawah. Untuk olahraga tentunya kuda dimanfaatkan sebagai perlombaan balap. Kuda ternak yang baik tak lepas dari pemeliharaan yang baik pula. Kuda ternak memerlukan penanganan dan pemeliharaan yang serius untuk menghasilkan kualitas kuda yang bagus. Banyak aspek yang harus benar-benar diperhatikan dalam merawat kuda, diantaranya adalah:

~ Pakan dan Nutrisi

Kuda ternak biasanya diberi makan jerami atau rerumputan, selain itu kuda harus diberikan makanan tambahan seperti biji-bijian, konsentrat, dan suplemen gizi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Takarannya harus sesuai dengan usia, tingkat aktivitas serta kondisi kesehatan kuda tersebut.

~ Air bersih

Air bersih yang digunakan sebagai sumber mineral bagi kuda sendiri harus benar benar diperhatikan, pasalnya jika air bersih yang tidak terjamin kesehatannya akan berpengaruh langsung terhadap keberlangsungan hidup kuda itu sendiri.

~ Kebersihan Kandang

Pembersihan kandang juga harus teratur untuk menjaga kesehatan kuda tersebut, pastikan kotoran harus dibuang dan kondisi jerami tidak basah. Usahakan tempat tidur kuda dalam kondisi kering dan bersih untuk mencegah berkembang biaknya penyakit.

~ Perawatan Kesehatan

Melakukan vaksinasi secara teratur sesuai dengan rekomendasi dokter hewan untuk mencegah penyakit serta melakukan perawatan kuda secara rutin meliputi pemeliharaan kuku, pemeriksaan gigi, serta perawatan intensif terhadap kuda yang terjangkit sakit. Pemeriksaan juga harus dilakukan oleh dokter hewan untuk mengetahui kondisi kuda apakah dalam kondisi optimal atau tidak.

Ø Latihan dan Aktivitas

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan kuda diperlukan latihan fisik dengan cara membiarkan kuda bergerak bebas di padang rumput atau arena yang telah disediakan. Hal ini juga berguna untuk meredakan stress pada kuda. Selain itu, kuda bisa diajak berkeliling untuk menjaga stamina dalam tubuh.

Dalam perawatan kuda kebanyakan kesulitan dalam menghandling kuda itu sendiri dikarenakan kuda termasuk hewan yang sensitif ketika dalam kondisi terancam. Ciri-cirinya adalah gerakan telinga ke belakang serta gerakan tubuh yang waspada terhadap ancaman. Serangan kuda yang yang kuat baik itu menggunakan kaki maupun gigitan memiliki resiko yang cukup tinggi atau bahkan berakibat fatal karena tendangan kuda mampu merusak organ internal atau tulang manusia. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga jarak aman dan menghindari situasi yang berpotensi berbahaya dengan kuda yang tidak dikenal atau dalam keadaan yang tidak stabil.

Berikut tips untuk handling kuda yang baik dan benar:

1. Pertama, pastikan anda menggunakan perlengkapan keselamatan yang berguna untuk melindungi diri anda ketika berinteraksi dengan kuda seperti sepatu boot, safety helmet, dan pakaian yang sesuai. Diusahakan jangan memakai pakaian yang longgar karena berpotensi untuk terjepit

2. Selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu melakukan pendekatan dengan tenang dengan berdiri di depan kuda. Biarkan kuda mengenali anda dengan mengendus bau anda agar kuda mengetahui bahwa anda bukan sumber bahaya. Lakukan dengan tenang tanpa ada sedikit kegelisahan.

3. Membangun kepercayaan dengan mengelus kuda, gunakan bahasa tubuh yang lembut agar kuda tetap dalam kondisi tenang dan tidak melakukan hal-hal yang berpotensi membahayakan

4. Lakukan dengan kesabaran yang ekstra karena setiap kuda memiliki tingkat kepribadian yang berbeda. Jangan sekali-kali anda menyakiti atau memukul kuda karena hal itu akan membuat kuda menjadi agresif.

5. Berikan reward ketika kuda berhasil melakukan sesuatu, karena hal tersebut dapat membangun kepercayaan anda dengan kuda serta memperkuat perilaku kuda menjadi lebih baik. Hal ini sangat berguna supaya kuda bisa bekerja sama dengan anda.

6. Tetap perhatikan bahasa tubuh kuda untuk memahami perasaan dan keadaan dari kuda tersebut dengan melihat ekor, mata, telinga, dan gerak kuda. Hal ini sangat membantu anda untuk mengidentifikasi tanda-tanda peringatan atau kecemasan yang sedang dialami oleh kuda.

7. Jika melakukan pemeriksaan, lakukan dengan membelakangi atau berlawanan dengan arah kuda, selain itu usahakan jarak antara kuda dengan anda agak dekat untuk mengantisipasi serangan dari kuda. Tetap lakukan dengan lembut dan tanpa menyakiti kuda.

partner penghasil keuntungan

Kuda adalah makhluk yang memberikan banyak potensi keuntungan dan kebahagiaan jika dirawat dengan baik. Dengan merawat kuda anda dapat mengetahui bahasa tubuh mereka dan mampu menyadari tanda-tanda peringatan serta dapat melindungi diri anda sendiri. Ingatlah, kuda adalah individu dengak kepribadian dan karakteristik yang unik. Dengan memberikan penghargaan, memperlakukannya dengan kesabaran mampu menjalin ikatan yang kuat antara manusia dengan kuda. Dengan menghormati kuda sebagai mitra dan sahabat yang setia, kita dapat menciptakan suatu hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain antara manusia dan kuda. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan panduan bagi anda untuk merawat dan menangani kuda dengan baik dan benar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image