Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Isa Musa, FTMM Universitas Airlangga

Kecerdasan Buatan: Penyebab Teknologi Menghilang?

Teknologi | Friday, 12 May 2023, 06:26 WIB
Ilustrasi Kecerdasan Buatan (Geralt/Pixabay)

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi telah mengubah dunia dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Mulai dari ponsel pintar, Internet of Things hingga mobil otonom. Kita telah melihat pesatnya perkembangan teknologi yang semakin hari semakin memudahkan hidup kita dan memberikan kita kendali lebih besar atas lingkungan kita. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kita mulai melihat gelombang inovasi baru yang berpotensi menjadi ancaman dan dapat membuat teknologi menghilang sepenuhnya. Gelombang baru inilah yang disebut dengan kecerdasan buatan atau biasa dikenal dengan istilah AI.

AI sendiri dengan cepat mengubah dunia seperti yang kita ketahui. AI mengubah pandangan orang-orang mengenai teknologi. AI tidak lagi menjadi entitas yang terpisah, malah menjadi bagian integral dari kehidupan kita, yang bekerja dengan mulus di balik layar untuk membuat hidup kita lebih sederhana dan produktif.

Berikut merupakan penjabaran bagaimana AI akan membuat teknologi menghilang:

1. AI dan Interface

Salah satu cara paling signifikan AI akan membuat teknologi menghilang adalah melalui dampaknya pada interface. Dalam sebagian besar sejarah komputasi, interface telah menjadi penghalang antara manusia dan teknologi. Kita harus belajar bagaimana berinteraksi dengan komputer dalam bahasa mereka yang rumit, apakah itu berarti mengetikkan perintah ke dalam baris perintah atau mengklik tombol pada interface grafis. Namun, dengan adanya AI, kini komputer belajar bagaimana cara berinteraksi dengan kita seperti memahami kita, mengantisipasi kebutuhan kita, dan bertindak atas nama kita tanpa kita sadari.

Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning (ML) adalah contoh bagaimana AI mengubah interface. Dengan NLP dan ML, komputer dapat memahami dan memberikan respons perintah bahasa secara alami. Sehingga, memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan komputer dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan dengan sesama manusia. Munculnya asisten digital suara bertenaga AI seperti Siri dan Alexa yang telah membuat hal ini menjadi nyata. Oleh karena itu, seiring dengan terus berkembangnya NLP, kita bisa berharap untuk melihat interface yang lebih alami dan intuitif bermunculan.

2. AI dan Automasi

Cara lain dari AI akan membuat teknologi menghilang adalah melalui automasi. AI memiliki potensi untuk mengautomasi banyak tugas sekaligus yang kita lakukan secara manual, mulai dari entri data, pembuatan laporan, analisis data hingga layanan pelanggan. Hal ini tidak hanya akan membebaskan waktu kita, tetapi juga akan membuat teknologi menjadi lebih mulus dan terintegrasi dalam kehidupan kita.

Sebagai contoh, bayangkan sebuah dunia di mana kulkas Anda dapat secara otomatis memesan bahan makanan saat persediaan bahan makanan hampir habis, atau mobil Anda dapat menyetir sendiri untuk menjemput Anda dari tempat kerja. Skenario seperti ini mungkin tampak seperti fiksi ilmiah saat ini, tetapi hal ini menjadi semakin mungkin berkat kemajuan dalam AI dan Machine Learning.

3. AI dan Medis

Area lain dimana AI membuat teknologi menghilang adalah di bidang kesehatan. Para profesional medis menggunakan alat diagnostik bertenaga AI untuk meningkatkan hasil pengobatan pasien. Alat-alat ini dapat menganalisis gambar medis, seperti sinar X-ray dan Magnetic Resonance Imaging, yang memberikan diagnosis akurat. Alat-alat ini juga dapat mengidentifikasi pola dalam data pasien yang tidak mungkin dideteksi oleh manusia. Sehingga, dokter dapat memberikan rencana perawatan yang lebih personal.

4. AI dan Analisis Prediktif

Terakhir, AI akan membuat teknologi menghilang dengan membuatnya lebih prediktif. Di masa lalu, teknologi bersifat reaktif. Sehingga, kita harus memberi tahu apa yang harus dilakukan dan teknologi merespons dengan tepat. Namun, dengan AI, teknologi dapat mulai mengantisipasi kebutuhan dan keinginan kita. Sehingga, teknologi akan terasa seperti menghilang seluruhnya.

Analisis prediktif adalah salah satu contoh bagaimana AI memungkinkan hal ini terjadi. Dengan menganalisis data dalam jumlah besar, AI dapat mengidentifikasi pola dan membuat prediksi tentang apa yang akan kita lakukan atau inginkan selanjutnya. Hal ini dapat berarti apa saja, mulai dari menyarankan produk baru yang mungkin ingin kita beli hingga mengantisipasi kondisi medis sebelum menjadi masalah.

Dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa AI memiliki potensi untuk membuat teknologi menghilang dalam banyak hal. Dengan mengubah interface, mengautomasi tugas, alat medis, dan membuat analisis prediktif. AI membawa kita lebih dekat ke dunia dimana kita dapat berinteraksi dengan teknologi dengan cara yang alami dan tanpa hambatan. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, kita bisa berharap untuk melihat perkembangan yang lebih menarik lagi yang akan mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image