Kamis 30 Mar 2023 21:06 WIB

Nielsen Lipatgandakan Pengukuran Pemirsa TV di Indonesia

Pengukuran audiens yang lebih baik juga akan sangat menguntungkan pengiklan.

Nielsen
Foto: nielsen.com
Nielsen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nielsen melakukan investasi signifikan baru-baru ini. Hal itu pun berdampak pada pertumbuhan pemirsa TV linear di perkotaan Indonesia dari 58,9 juta menjadi 130 juta.

Peningkatan substansial ini merupakan hasil dari perluasan panel Nielsen di seluruh Jawa, Sumatera, dan pusat populasi lainnya, yang banyak di antaranya kurang terwakili atau tidak terwakili sama sekali sebelumnya.

Hal ini dinilai menguntungkan semua pemangku kepentingan. Perluasan panel di seluruh nusantara dinilai menunjukkan komitmen berkelanjutan Nielsen untuk menumbuhkan dan mendukung industri media Indonesia.

"Di negara sebesar dan beragam seperti Indonesia, sangat penting bagi stasiun TV untuk dapat menunjukkan kekuatan dan nilai jangkauan mereka di berbagai audiens, dan kami senang membantu mereka melakukannya," kata Presiden Nielsen Asia (Komersial), Arnaud Frade, dalam siaran pers, Kamis (30/3/2023).

Selain memungkinkan stasiun TV untuk menunjukkan dengan lebih baik jumlah audiens mereka yang sebenarnya, pengukuran audiens yang lebih baik juga akan sangat menguntungkan pengiklan.

"Pengiklan sekarang dapat lebih yakin dari sebelumnya bahwa pesan mereka menjangkau audiens yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, sangat meningkatkan ROI dan kepercayaan secara keseluruhan dalam industri," kata  Nielsen Asia Managing Director (Advertisers), Aaron Rigby.

Peningkatan jumlah panel Nielsen mencerminkan keragaman populasi dan kebiasaan menonton di Indonesia. Selain itu kini semakin banyak temuan menarik yang tersedia di area dengan populasi yang lebih kecil. Selain perluasan pengukuran dilakukan di seluruh Jawa, peningkatan panel di Sumatera menunjukkan jika pulau tersebut adalah pulau pecinta film, sedangkan pemirsa Sulawesi lebih memilih serial TV.

Investasi Nielsen terbaru dalam pengukuran audiens Indonesia ini mengikuti peningkatan industri terkemuka sebelumnya di kawasan ini, termasuk transformasi pengukuran digital dan penambahan Sistem Identitas Nielsen untuk Pengukuran Iklan Digital, Digital Ad Ratings (DAR) (sekarang juga hadir di 30+ pasar internasional, termasuk Indonesia).

Berbagai peningkatan ini didukung dengan pengumuman tentang peningkatan representasi pemirsa TV linier sebesar 120 persen, melihat Indonesia  berada  di posisi yang semakin siap untuk Nielsen ONE. Saat layanan tersebut diluncurkan di wilayah ini, mereka menyediakan sistem pengukuran lintas platform yang sebenarnya di semua layar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement