Sabtu 25 Mar 2023 17:39 WIB

Jika tak di MU, Varane Hanya akan Pensiun Sebagai Pemain Profesional di 2 Klub Ini

Varane ingin mengakhiri karier profesionalnya di Real Madrid atau Lens.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain belakang Manchester United (MU) Raphael Varane.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pemain belakang Manchester United (MU) Raphael Varane.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Raphael Varane mengungkapkan, ia berpotensi meninggalkan Manchester United (MU) di masa depan. Pasalnya, ia mengatakan, ada dua klub lain yang dapat menjadi tempat mengakhiri kariernya di sepak bola profesional, yakni Real Madrid dan Lens.

Bek asal Prancis itu menjadi sosok penting dari kekuatan MU di bawah asuhan Erik ten Hag musim ini setelah mengalami periode sulit pada musim pertamanya di Inggris. Penampilan menawannya dalam menjaga lini belakang tim membawa MU kini kian kokoh di empat besar klasemen Liga Inggris. Ia juga bermain 90 menit kala MU menang 2-0 atas Newcastle United di final Piala Carabao (Piala Liga).

Baca Juga

Mengingat sentralnya Varane di skuad MU dan sikapnya yang menunjukkan emosional setiap kali turun, membuat dia tampaknya akan menetap lama di Old Trafford. Tetapi ia mengungkapkan masih berpotensi mengakhiri kariernya di klub lain.

“Saya akan menyelesaikan karier saya baik di Madrid, atau di Manchester, atau di Lens. Saya tidak akan pindah ke klub lain, selain itu,” kata Varane kepada Majalah GQ, dilansir dari Dailymail, Sabtu (25/3/2023).

Namun Varane menyadari untuk kembali ke Madrid tampaknya lebih rumit. Sebab penggawa yang pernah membela Madrid biasanya tidak kembali lagi ke Santiago Bernabeu sebagai pemain. Oleh karena itu hal yang paling mungkin adalah mengakhiri karier di MU atau Lens.

Varane menjadi bagian dari kesuksesan Madrid selama 10 tahun sebelum hengkang ke MU pada Juli 2021 senilai 42 juta poundsterling. Selama di Madrid, Varane memenangkan gelar La Liga Spanyol tiga kali, empat kali juara Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub empat kali.

Sebelum itu, Varane adalah lulusan akademi klub Prancis, RC Lens. Di sana ia menghabiskan waktu satu tahun bermain di tim utama sebelum pindah ke Madrid pada 2011. Bersama MU ia telah mencatatkan 56 pertandingan di semua kompetisi. Ia mengakui baru merasakan padatnya bermain baru-baru ini.

“Kami tidak punya waktu untuk bekerja secara fisik. Dan ketika kami tidak bermain, kami hanya punya waktu sedikit untuk pemulihan,” ujar Varane.

Varane berharap tak mengalami nasib yang sama dengan pemain lain yang harus jarang tampil di lapangan karena cedera sehingga berpotensi tak dikenali oleh penggemar. Kini namanya dieluk-elukan oleh penggemar MU berkat kegemilangannya menjaga pertahanan Iblis Merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement