Selasa 21 Mar 2023 07:07 WIB

Doa Minta Ilmu Bermanfaat dan Rezeki, Dibaca Usai Sholat Subuh

Berdoa akan mengikis sifat sombong dan menjadikan sikap mengharap kepada Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Doa Minta Ilmu Bermanfaat dan Rezeki, Dibaca Usai Sholat Subuh
Foto: Republika.co.id
Doa Minta Ilmu Bermanfaat dan Rezeki, Dibaca Usai Sholat Subuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menunaikan sholat maktubah sangat dianjurkan untuk melanjutkannya dengan membaca dzikir dan doa baik secara sendiri maupun berjamaah. Dengan bedrzikir akan melembutkan dan menenangkan hati serta membuat diri menjadi pribadi yang tawadhu.

Dengan berdoa akan mengikis sifat sombong dan menjadikan sikap roja' atau mengharap kepada Allah. Ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk umatnya.

Baca Juga

Salah satunya doa memohon agar Allah SWT memberikan ilmu yang manfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima Allah. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah sholat terutama usai menunaikan sholat subuh. Berikut doa dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma inniy as aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalam mutaqobbalan

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima

Doa ini terdapat dalam hadits nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan melalui jalur Ummu Salamah atau Hind binti Abi Umayyah binti Al Mughirah.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا شَبَابَةُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ إِذَا صَلَّى الصُّبْحَ حِينَ يُسَلِّمُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Syababah berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Musa bin Abu 'Aisyah dari Mantan budak Ummu Salamah, dari Ummu Salamah berkata, "Ketika salam dalam shalat Subuh Nabi ﷺ mengucapkan, "Allahumma inniy as aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalam mutaqobbalan (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima)".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement