Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfa Putra Kusumajati

5 Cara Cepat Menghaluskan Tepian Seleksi dengan Tools Photoshop

How To | Saturday, 18 Mar 2023, 23:17 WIB
  Cara Menghaluskan tepian seleksi di Photoshop - source <a href=tipsnesia.com" />
Cara Menghaluskan tepian seleksi di Photoshop - source tipsnesia.com

Jika Anda sering menggunakan Photoshop untuk mengedit foto atau desain, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik seleksi. Seleksi digunakan untuk memilih bagian tertentu dari gambar untuk kemudian diberikan efek atau modifikasi lainnya. Salah satu masalah yang sering ditemui saat membuat seleksi adalah tepian seleksi yang kurang halus dan terlihat kasar. Tepian seleksi yang halus sangat penting untuk menghasilkan hasil yang profesional dan natural. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas 5 cara cepat untuk menghaluskan tepian seleksi di Photoshop.

1. Feathering

Feathering adalah teknik yang berguna untuk membuat tepian seleksi menjadi lebih halus. Dengan feathering, tepian seleksi akan terlihat lebih lembut dan transisi antara seleksi dan latar belakang akan lebih alami. Caranya sangat mudah, setelah membuat seleksi, pilih menu Select > Modify > Feather. Kemudian atur nilai Feather Radius sesuai dengan keinginan Anda.

2. Refine Edge

Refine Edge adalah fitur yang sangat berguna dalam Photoshop untuk menghaluskan tepian seleksi. Dengan Refine Edge, Anda dapat membuat seleksi yang lebih akurat dan tepian seleksi yang lebih halus. Untuk menggunakan Refine Edge, setelah membuat seleksi, pilih menu Select > Refine Edge. Di dalam Refine Edge, Anda dapat menggunakan brush untuk menyeleksi bagian-bagian yang sulit dijangkau dan memperhalus tepian seleksi.

3. Gaussian Blur

Gaussian Blur adalah teknik yang sering digunakan untuk mengaburkan latar belakang. Namun, Gaussian Blur juga bisa digunakan untuk menghaluskan tepian seleksi. Caranya sangat mudah, setelah membuat seleksi, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Kemudian atur nilai radius sesuai dengan keinginan Anda. Semakin besar nilai radius, semakin halus tepian seleksi yang dihasilkan.

4. Layer Mask

Layer Mask adalah teknik yang berguna untuk memodifikasi bagian tertentu dari layer tanpa merusak layer aslinya. Dengan Layer Mask, Anda dapat membuat seleksi yang lebih halus dan natural. Caranya sangat mudah, setelah membuat seleksi, tambahkan layer mask pada layer yang Anda inginkan. Kemudian gunakan brush untuk menghapus bagian-bagian yang tidak diperlukan dan memperhalus tepian seleksi.

5. Vector Mask

Vector Mask adalah teknik yang berguna untuk membuat seleksi yang presisi. Dengan Vector Mask, Anda dapat membuat seleksi yang sangat akurat dan tepian seleksi yang sangat halus. Caranya sangat mudah, setelah membuat seleksi, tambahkan Vector Mask pada layer yang Anda inginkan. Kemudian gunakan alat Pen Tool untuk membuat path yang diinginkan dan menjadikannya seleksi.

Dengan mengikuti 5 cara cepat di atas, Anda dapat membuat tepian seleksi yang lebih halus dan natural di Photoshop.

Download Tutorial PDF di Sini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image