Ahad 19 Mar 2023 04:04 WIB

Hattrick Haaland Antarkan Man City ke Semifinal Piala FA

Man City mengalahkan Burnley 6-0 diperempat final Piala FA.

Penyerang Manchester City Erling Haaland merayakan gol pertama timnya ke gawang Burnley dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala FA di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Ahad (19/3/2023) dini hari WIB.
Foto: Richard Sellers/PA via AP
Penyerang Manchester City Erling Haaland merayakan gol pertama timnya ke gawang Burnley dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala FA di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Ahad (19/3/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erling Haaland yang tak terbendung berhasil menembus 40 gol lebih pada musim pertamanya di Manchester City. Haaland mencetak hat-trick dalam kemenangan Man City 6-0 atas Burnley pada perempat final Piala FA di Stadion Etihad, Ahad (19/3/2023) dini hari WIB. 

Baru saja mencetak lima gol saat melawan RB Leipzig pada pertengahan pekan, penyerang Norwegia ini terbukti tidak pernah puas. Kali ini, gol-golnya menghancurkan sang pemuncak klasemen Championship di depan pendukung City.

Baca Juga

Pemain berusia 22 tahun ini mencetak gol-gol khasnya pada menit ke-32 dan 35 dan melengkapi hat-trick keenamnya musim ini saat ia mengonversi bola rebound untuk mengakhiri pertandingan sebelum satu jam. Ia kini telah mengoleksi 42 gol untuk City sejak bergabung dari Borussia Dortmund pada Juni lalu.

Julian Alvarez kemudian mencetak dua gol dan satu gol dari pemain pengganti, Cole Palmer, saat City melakukan penyerangan yang luar biasa untuk mencetak 13 gol dalam satu pekan dan melaju ke babak semifinal.

Ini merupakan hari yang berat bagi mantan pahlawan City, Vincent Kompany, yang telah membawa Burnley kembali ke Liga Primer setelah terdegradasi tahun lalu.

Haaland hanyalah pemain keenam di era Liga Primer Inggris yang mencetak setidaknya 40 gol di semua kompetisi dalam satu musim - bergabung dengan Ruud van Nistelrooy (44), Mohamed Salah (44), Cristiano Ronaldo (42), Andy Cole (41), dan Harry Kane (41). Dengan City yang masih berada di tiga kompetisi, tidak akan lama lagi ia akan melewati 50 gol.

"Dia mungkin akan mendapatkan 50 gol, bahkan mungkin 60 gol. Itu gila," kata pencetak gol terbanyak di Liga Primer, Alan Shearer, di studio Match of the Day BBC. "Haaland adalah monster. Dia mesin pencetak gol. Dia hidup dan bernapas dengan gol."

Haaland lebih merendah tentang statistiknya yang luar biasa. "Ini adalah beberapa pertandingan terakhir yang bagus," kata Haaland, yang mencetak gol pertamanya di Piala FA, kepada BBC Sport. "7-0 dan 6-0 sebelum jeda internasional sangat mengesankan dan saya sangat senang. Setiap gol sangat berarti bagi saya dan setiap gol untuk tim sangat berarti."

Burnley sebenarnya mampu mengatasi City dengan baik selama setengah jam pertama dan menciptakan beberapa peluang bagus.

Namun ketika Haaland meneruskan umpan terobosan dari Alvarez dan menyentuh bola melewati pemain Burnley, Bailey Peacock-Farrell, untuk memecah kebuntuan, hasil akhir telah ditentukan dari sini.

Umpan silang mendatar dari Phil Foden menjadi gol kedua bagi Haaland dan gol hat-tricknya tercipta setelah tendangan Foden membentur tiang gawang.

Alvarez juga tampil mengesankan dan ia mencetak gol dengan luar biasa. Sementara gol pemain muda Palmer menjadikannya hari yang sangat memuaskan bagi tim City yang tiba-tiba kembali ke performa terbaiknya.

Tiga pertandingan babak keenam Piala FA lainnya akan berlangsung antara Manchester United yang akan menjamu Fulham, Sheffield United menghadapi Blackburn Rovers, dan Brighton and Hove Albion yang akan menghadapi tim dari divisi empat, Grimsby Town.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement