Kamis 16 Mar 2023 19:29 WIB

Lihatlah, Sinar Terang Italia di Pentas Liga Champions Musim Ini

Denyut tim Liga Italia di Eropa mulai terlihat jelas.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Napoli Victior Osimhen merayakan golnya ke gawang Eintracht Frankfurt di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Penyerang Napoli Victior Osimhen merayakan golnya ke gawang Eintracht Frankfurt di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Italia menjadi negara dengan wakil terbanyak yang masih bertahan di Liga Champions musim ini. Dari empat tim asal Italia yang tampil di putaran grup, tiga tim sukses melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini. 

Dari empat tim tersebut, hanya Juventus yang tidak mampu lolos dari penyisihan grup Liga Champions musim ini. Inter Milan, AC Milan, dan Napoli terbukti mampu menyingkirkan para pesaingnya di babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Baca Juga

AC Milan menjadi wakil Italia yang pertama lolos ke babak perempat final usai menyingkirkan Tottenham Hotspur dengan agregat, 1-0. Langkah Milan itu diikuti rival sekotanya, Inter Milan. I Nerazzurri mempertahanka keungulan agregat, 1-0, pada leg kedua babak 16 besar, tengah pekan ini.

Terakhir, Napoli memastikan satu tempat di delapan besar Liga Champions musim ini dengan begitu menyakinkan. Kemenangan, 2-0, di leg pertama atas Eintracht Franfkurt di leg pertama dilengkapi I Partenopei dengan kemenangan, 3-0, di leg kedua, Kamis (16/3/2023) dini hari WIB.

Dengan keunggulan agregat, 5-0, Napoli melenggang mulus ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Capaian ini sekaligus menjadi torehan baru klub asal Italia Selatan. Untuk pertama kali dalam sejarah partisipasi di pentas Liga Champions, Napoli bisa menginjakan kaki di babak perempat final.

Dengan lolosnya Napoli ke babak perempat final, Italia menjadi tim dengan jumlah wakil terbanyak di Liga Champions dengan tiga tim. Inggris berada di urutan kedua dengan dua wakil, diikuti satu klub masing-masing dari Spanyol, Jerman, dan Prancis.

Kehadiran tiga tim Italia di perempat final Liga Champions musim ini juga menorehkan rekor tersendiri. ''Untuk pertama kalinya sejak musim 2005/2006, ada tiga tim Italia di delapan besar Liga Champions lebih banyak dari negara lain,'' tulis laporan Football Italia, Kamis (16/3/2023).

Tidak hanya soal catatan penampilan wakil Italia, pelatih asal Italia juga mencatatkan rekor impresif di pentas Liga Champions musim ini. Separuh dari delapan tim yang masih bertahan di Liga Champions musim ini ditangani oleh pelatih asal Italia. Untuk pertamanya kali, empat pelatih asal Italia berada di babak delapan besar Liga Champions.

Carlo Ancelotti yang menukangi Real Madrid melengkapi trio pelatih yang menangani tiga tim asal Italia di babak perempat final. Inter Milan ditangani Simone Inzaghi, Napoli dibesut Luciano Spalletti, dan AC Milan ditukangi Stefano Pioli.

Tidak seperti dalam undian di babak 16 besar, undian di babak perempat final berjalan terbuka tanpa ada larangan. Rencananya, undian babak perempat final Liga Champions akan digelar pada Jumat (17/3/2023) waktu setempat.

''Dengan kondisi ini, kemungkinan untuk terjadinya duel antara klub Italia di babak perempat final terbuka lebar. Pun dengan kemungkinan adanya partai ulangan di penyisihan grup, seperti Bayern Muenchen menghadapi Inter Milan atau duel Chelsea dengan Milan,'' tulis laporan Football Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement